search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
35 Kader DP3 Diberi Pembekalan KPU Gianyar
Selasa, 15 Oktober 2024, 17:15 WITA Follow
image

beritabali/ist/35 Kader DP3 Diberi Pembekalan KPU Gianyar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

KPU Kabupaten Gianyar memberikan pembekalan kepada kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di wilayah Kabupaten Gianyar. 

Kegiatan pembekalan DP3 ini melibatkan sebanyak 35 kader DP3 dari Kelurahan Gianyar yang telah dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar pada 8 Oktober 2024 lalu. 

"Kader DP3 ini nantinya diyakini memiliki peran strategis dalam Pemilu ataupun Pemilihan dalam mewujudkan kualitas partisipasi pemilih pada Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Gianyar," ujar I Wayan Mura, Ketua KPU Kabupaten Gianyar. 

Dikatakan bahwa pembekalan ini mengambil tema Sosialisasi Tahapan Pemilu kepada Kader DP3 dengan Lokus Kelurahan Gianyar Kecamatan Gianyar. 

Wayan Mura mengharapkan kepada seluruh kader selain menjadi agen-agen sosialisasi, agar juga menularkan informasi kepemiluan kepada keluarga dan komunitasnya. 

"Untuk itu kami berharap agar peserta kegiatan pembekalan DP3 dapat menyimak materi yang diberikan dengan baik dan selanjutnya dapat bersinergi erat dengan KPU Gianyar untuk bekerjasama dalam peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Gianyar," jelasnya. 

Dalam kegiatan ini, para kader DP3 diberikan pembekalan oleh 6 orang narasumber yang menyampaikan 6 materi berbeda. Materi tersebut yang disampaikan antara lain Pentingnya Demokrasi, Pemilu, Pemilihan dan Partisipasi, Pemahaman tahapan Penyelenggaran Pemilu dan Pemilihan, Teknik Komunikasi Publik, Pendidikan Pemilih dalam pencegahan politik uang, Teknik dan metode identifikasi berita hoax, serta materi tentang kepatuhan terhadap larangan kampanye.

Sejumlah nama yang menjadi narasumber yaitu Akademisi dan Guru Besar Universitas  Warmadewa, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si; Anggota KPU Gianyar Periode 2018-2023, I Komang Endra Gunawan, ST;  Jurnalis, Akademisi dan Anggota TPD Bali, DR. I Nengah Muliarta, S.Si., M.Si.; Akademisi dan Anggota TPD Bali, DR. I Made Sarjana, SP., M.Sc.; Komisioner KPID Bali masa jabatan 2021 – 2024, I Gusti Agung Gede Agung Widiana Kepakisan, S.Sn., M.Ars; serta Ketua KIPP Provinsi Bali Ngakan Made Giriasa, S.IP.

Acara  berlangsung selama kurang lebih delapan jam dan diikuti oleh peserta dengan sangat antusias yang dipandu oleh Moderator Gusti Bagus Agung Swandhita, S.Sos., Anggota KPU Gianyar Divisi Sosdiklih Parmas, dan SDM; serta I Kadek Agus Mudita, S,H. yaitu , Anggota KPU Gianyar Divisi Hukum dan Pengawasan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh kader DP3 dapat menjadi agen sosialisasi KPU, juga dapat memberikan pendidikan kepada warga sekitar ataupun keluarga terdekatnya sehingga masyarakat bisa memilah mana berita hoax mana bukan. Pentingnya menyikapi hoax dengan bijak disamping karena hoax cepat menyebar karena mengambil isu yang dekat dengan masyarakat, juga dapat membahayakan keutuhan bangsa. 

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat sebagai Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, serta evaluasi kegiatan sehingga dapat ditindaklanjuti dengan program kader DP3 berikutnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami