search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Debat Perdana, GP Soroti PAD Karangasem Naik Tak Berimbas ke Penurunan Kemiskinan
Senin, 28 Oktober 2024, 14:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Debat Perdana, GP Soroti PAD Karangasem Naik Tak Berimbas ke Penurunan Kemiskinan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Masalah kemiskinan dan sumber daya air menjadi topik utama dalam Debat Perdana Pikada Karangasem yang berlangsung Minggu (27/10/2024) di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC). 

Dalam debat tersebut terungkap bahwa persentase kemiskinan Karangasem tahun 2024 ini sekitar 6,52 persen dan menjadi yang tertingi di Provinsi Bali dibandingkan Kabupaten lainnya. 

Atas kondisi ini, program pemerintah yang sudah berjalan selama ini dinilai gagal dalam menurunkan angka kemiskinan termasuk juga angka pengangguran di Gumi lahar. Apalagi dengan pendapatan yang digemborkan naik namun justru tidak berimbas terhadap pengurangan pengagguran dan kemiskinan. 

"Pendapatan selalu dikatakan naik namun justru tidak berimbas terhadap penurunan kemiskinan dan lapangan pekerjaan. Setinggi apapun PAD jika tidak bisa menuntaskan kemiskinan maka kita tidak akan bisa memberikan keadilan sosial bagi masyrakat," kata pasangan Calon Bupati Nomor Urut 3, Gusti Putu Parwata dan Pandu Prapanca Lagosa dalam sesi tanya jawab. 

Dengan adanya ketidaksinkronan tersebut, GP berpendapat bahwa sehebat apapun wacana yang disampaikan, yang jelas saat ini masih banyak warga Karangasem berada di bawah garis kemiskinan bahlan masih menjadi Kabupaten dengan persentase kemiskininan tertinggi di Bali. 

"Jika kami memerintah Karangasem, kami akan fokus dalam hal pengentasan kemiskinan, bagaimana agar peningkatan PAD bisa berimbas terhadap kesejahteraan masyarakat sehingga mampu menekan angka kemiskinan dan membuka peluang lapangan pekerjaan," Imbuh Calon Wakil Bupati, Pandu Prapanca Lagosa.

Disamping itu, GP juga akan merancang program peningkatan SDM di Karangasem, mulai dari beasiswa hingga pembangunan politeknik pariwisata di kecamatan Kubu, bahkan untuk mendukung pengentasan kemiskinan, GP juga membuat program satu KK miskin agar memiliki 1 orang sarjana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami