News

Upaya Palestina Jadi Anggota Tetap PBB Bisa Kembali Terjegal Veto AS

 Rabu, 15 Mei 2024, 10:07 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Upaya Palestina Jadi Anggota Tetap PBB Bisa Kembali Terjegal Veto AS

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Palestina sedang berupaya meraih status anggota tetap di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun, upaya mereka disebut kemungkinan besar kembali terjegal veto Amerika Serikat.

Pekan lalu, PBB merilis resolusi terkait status anggota Palestina usai Dewan Keamanan menolak pengajuan negara ini menjadi anggota.

Sejak 2012, Palestina menjadi pengamat tetap di PBB. Melalui resolusi baru, peluang Palestina menjadi anggota tetap PBB terbuka.

Salah satu poin dalam resolusi itu mendesak Dewan Keamanan untuk mempertimbangkan kembali keputusan terkait pengajuan keanggotaan Palestina.

Setelah resolusi keluar, Duta Besar Palestina di PBB Riyad Mansour mengatakan akan mengajukan kembali untuk menjadi anggota penuh.

Namun, sejumlah pengamat menduga AS akan kembali memveto saat pemungutan suara Dewan Keamanan berlangsung.

Pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah, meyakini AS akan menggunakan hak istimewa untuk mengacaukan voting di DK PBB.

"Patut diduga, Amerika Serikat akan mempertanyakan kredibilitas negara Palestina, yang dalam pandangan Washington, sangat tidak layak menjadi anggota PBB," kata Rezasyah kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/5).

Lebih lanjut, dia menerangkan AS akan menggunakan dalih batas-batas wilayah Palestina yang mengecil dan dipermasalahkan serta jumlah penduduk.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending