search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bandara Ngurah Rai Terus Evaluasi Uji Coba Transaksi Parkir Nontunai
Rabu, 29 November 2023, 14:54 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bandara Ngurah Rai Terus Evaluasi Uji Coba Transaksi Parkir Nontunai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terus mengevaluasi uji coba transaksi parkir nontunai kendaraan.

Evaluasi ini dilakukan agar transaksi parkir kendaraan nontunai dapat diterapkan pada 1 Desember 2023 mendatang. Jika pembayaran nontunai masih rendah, maka perpanjangan masa uji coba kemungkinan akan dilakukan.

Sehingga tidak menutup memungkinan penerapan 1 Desember 2023 diundur hingga waktu belum ditentukan. Hal ini disampaikan, General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Selasa, (28/11/2023) di Badung.

"Terkait tarif non tunai itu, terus kami evaluasi. Kami sudah sepakat dengan mitra, kalau seandainya masih rendah untuk cashless-nya, kami akan perpanjang lagi uji cobanya dan tidak diterapkan pada 1 Desember. Waktu yang tepat untuk menganalisis bagaimana penerimaan masyarakat terhadap kebijakan pembayaran parkir nontunai ini," jelasnya.

Evaluasi akan terus dilakukan sampai masyarakat benar-benar menerima. Menurutnya dalam simulasi, penerapan tarif parkir nontunai bisa berjalan 100 persen, tapi hanya di jam tertentu saja. Biasanya saat tidak terjadi penumpukan atau peningkatan volume kendaraan seperti jam 11 malam hingga jam 5 pagi.

"Itu kan memang relatif masih sepi. Jadi mereka masih bisa tanya-tanya, koordinasi, itu bisa kami lakukan. Kalau misalnya biasanya 10 detik tertahan karena ada pertanyaan, ya kan, akhirnya buntutnya itu panjang (macet)," paparnya.

Jika tidak bisa kejar target pada 1 Desember 2023? Handy memastikan penerapan sah akan diundur sampai waktu belum ditentukan dan uji coba diperpanjang. "Kami akan review lagi," ucapnya.

Pengguna jasa bandara yang belum melaksanakan transaksi parkir secara nontunai diharap agar menyiapkan kartu e-money memastikan saldo tersedia mencukupi untuk bertransaksi.

Sebelumnya, pengelola bandara mulai memberlakukan uji coba pembayaran parkir secara nontunai menggunakan kartu uang elektronik dengan basis manless atau tanpa awak. 

"Kebijakan ini memungkinkan pengguna jasa bertransaksi secara mandiri," cetusnya.

Seluruh proses, mulai masuk hingga keluar kendaraan dilakukan pengguna jasa secara mandiri. 

"Ya yakni menempelkan kartu elektronik, tanpa ada karcis parkir," katanya.

Dirinya berharap, penerapan tarif nontunai dapat dilakukan mandiri 100 persen tanpa awak. 

Dirinya meminta mitra atau pelaksana agar penerapan tarif elektronik ini bisa 80 persen selama uji coba. 

"Untuk saat ini sudah mulai naik, tapi belum sesuai dengan target kami (80 persen), sebelum penerapan pastinya. Kalau itu dipaksakan, tanggal 1 untuk nontunai semuanya, sepertinya sih akan terjadi, apa namanya, kemacetan lagi ya. Jadi kita sesuaikan," pungkasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami