search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Empat Tips Mudah Agar Berat Badan Tak Naik Saat Libur Akhir Tahun
Senin, 26 Desember 2022, 14:30 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Empat Tips Mudah Agar Berat Badan Tak Naik Saat Libur Akhir Tahun

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan tentunya makan enak. Sementara bagi Anda yang sedang traveling, tentunya tak ingin melewatkan momen mengeksplorasi kuliner lokal. 

Bukan tak mungkin, selesai liburan jarum timbangan Anda malah semakin bergerak ke arah kanan. Kabar baiknya, ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti agar berat badan tidak naik saat momen spesial tersebut.

1. Kunyah makanan secara perlahan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa makan perlahan membantu tubuh cepat kenyang. Hal tersebut terjadi karena tubuh merespons sinyal kenyang yang dikirim otak dengan baik. Dengan makan secara perlahan, Anda bisa mengerem nafsu makan yang berlebihan.

2. Makan di piring berukuran kecil

Percaya tidak kalau ukuran piring ternyata bisa mempengaruhi sebanyak apa makanan yang Anda konsumsi?

Sebuah studi yang dilakukan Cornell University di Amerika Serikat mengungkap bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan atau 0,9 kg per bulan. Hal ini terjadi karena saat makan di piring kecil, otak akan menerima isyarat visual bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan. Karena itu, usahakan pakai piring berukuran kecil saat mengambil makanan ya!

3. Jangan makan sambil menonton televisi

Makan sambil menonton film atau series favorit memang menyenangkan. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak bagus untuk tubuh Anda, lho! Makan sambil menonton televisi bisa mengganggu konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh. Karena itu, berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang Anda santap supaya berat badan tetap terjaga.

4. Jangan begadang

Pola tidur yang buruk juga bisa menjadi faktor yang memicu kenaikan berat badan. Saat Anda kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon leptin yang lebih sedikit. Padahal, hormon ini bertugas menekan nafsu makan dan mendorong tubuh untuk mengeluarkan energi. Sebaliknya, ketika pola tidur terganggu, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang memicu rasa lapar.

Tak hanya itu, setelah begadang biasanya Anda cenderung menginginkan makanan yang mengandung banyak gula dan berlemak tinggi. Jadi, masih mau begadang?

(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami