search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rekomendasi 2 Software Akuntansi Online Yang Mudah Digunakan
Kamis, 2 September 2021, 12:30 WITA Follow
image

beritabali/ist/Rekomendasi 2 Software Akuntansi Online Yang Mudah Digunakan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Software merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan. Software ini diciptakan untuk memudahkan dalam pengerjaan manusia dengan menggunakan alat bantu berupa komputer. 

Software biasanya banyak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti kuliah, kerja, dan kegiatan lainnya yang mungkin berkaitan dengan penggunaan komputer. Software merupakan perangkat yang diciptakan dengan berbagai jenis fungsi yang menyesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Jenis-jenis software yang sangat banyak disesuaikan dengan berbagai keperluan seperti software teknik sipil, software akuntansi, dan software teknik informatika yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya dari berbagai kalangan. 
Software ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada zaman sekarang ini. Pengaruh besar tersebut dikarenakan software merupakan perangkat yang sangat berguna dan dibutuhkan pada masa sekarang.

Software umumnya banyak dipakai untuk kegiatan pekerjaan dan perkuliahan. Banyak pengguna software biasanya adalah para pekerja karena untuk membantu dalam hal pekerjaan. Pengguna software ini biasanya akan menggunakan ini untuk kebutuhan pekerjaan untuk menghemat waktu agar dapat fokus pada pekerjaan lainnya. Terutama software yang banyak dipakai pada suatu perusahaan adalah software akuntansi.

Software akuntansi ini banyak sekali dipakai oleh perusahaan karena berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaannya. Software akuntansi ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna di suatu perusahaan tersebut. 

Software akuntansi biasanya akan berbentuk software aplikasi yang dapat dipasang pada komputer atau laptop atau software berbasis web yang dapat digunakan dengan mudah. Software akuntansi ini dilihat dari jenis berdasarkan perangkat tautan saja sudah memiliki berbagai macam jenisnya.

Software akuntansi ini sendiri merupakan perangkat pembantu berbasis aplikasi dan juga web yang dapat digunakan untuk mengatur data-data transaksi serta pengaturan catatan perusahaan baik transaksi dan juga data-data yang dilakukan oleh para akuntan perusahaan. 

Software akuntansi ini pada umumnya sangat banyak dan juga beragam. Jenis dari software ini juga sangat banyak dan bersaing dengan keunggulannya masing-masing. Dengan cara merancang software yang baik dan memiliki keunggulan lebih dari software lainnya merupakan pertimbangan penting bagi suatu software.

Jenis-jenis software yang sangat beragam membuat para pengguna biasanya akan kebingungan untuk memilih mana jenis software terbaik yang bisa digunakan. Pertimbangan para pengguna dalam memilih software akuntansi biasanya didasarkan pada pertimbangan kemampuan software tersebut. 

Apakah software tersebut mampu bekerja dengan mengolah seluruh kegiatan data-data akuntan dengan baik atau tidak. Dan yang terpenting adalah dengan melihat keunggulan software tersebut apakah memiliki banyak keunggulan atau malah sebaliknya.

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis-jenis software akuntansi baik berbasis aplikasi ataupun web yang sangat mudah digunakan dan juga memiliki banyak keunggulan.


1.    Jurnal by Mekari


Untuk tempat pertama rekomendasi software unggulan  yang mudah digunakan adalah Jurnal by Mekari. Jurnal by Mekari merupakan jenis software yang dirancang dengan bentuk software akuntansi online dengan desain software yang simple. Software ini didesain dengan logo berwarna biru sebagai simbol softwarenya.

Software Jurnal by Mekari ini merupakan jenis software akuntansi online yang memiliki fungsi dapat mengatur secara otomatis pekerjaan penggunanya yang erat kaitannya dengan keuangan bisnis. Software ini diciptakan dengan berbagai fiturnya yang bervariasi dan juga lengkap. Jurnal by Mekari dituntut dapat membantu penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan bisnis dan keuangan penggunanya.

Software ini dirancang memiliki fitur-fitur terbaik didalamnya. Software ini diciptakan dengan fitur dan juga program akuntansi terbaik. Adapun beberapa fitur-fitur canggih didalam software akuntansi online ini diantaranya adalah :

  •    Laporan Bisnis dan Keuangan

 
Pada fitur ini software menyediakan tampilan awal reports dengan keterangan berupa Income, Expense dan Other. Didalam fitur ini memiliki fungsi tersendiri yaitu mengatur laporan keuangan secara tepat dan akurat agar bisa diakses oleh para penggunanya dengan mudah.

  •     Akuntansi

Pada fitur kedua dari software ini adalah fitur akuntansi yang memiliki tampilan awal pada desain fitur yang terdiri dari bagian account dan amount. Pada kedua bagian tersebut terdiri dari menu assets , accounts payable, accounts receivable, income dan cost.

  •     Kas dan Transaksi

Di dalam fitur ini didesain memiliki tampilan awal yang terdiri dari menu details dan amount. Pada menu details menjelaskan tentang detail penggunaan transaksi dan pada menu amount menjelaskan detail banyaknya jumlah uang yang ditransaksikan.

  •     Invoice

Pada fitur ini menampilkan penjelasan tentang pembuatan invoice disertai dengan proses yang sederhana dalam pembuatannya. Pada tampilan fitur ini tertera banyaknya harga dari suatu proses yang akan kita lakukan.

  •     Produk dan Inventory

Pada tampilan fitur ini didesain dengan tampilan awal berupa penjelasan tentang update stock barang atau produk dari suatu perusahaan. Seperti contoh gambar diatas disediakan tampilan update stock dari jenis produk espresso dengan stock berjumlah 98 cups dengan harga per produk adalah Rp 12.000,00.

  •    Biaya dan Anggaran

Tampilan awal pada fitur ini adalah berupa menu payroll, Insurance, dan Operational Cost. Pada menu payroll menjelaskan tentang pengaturan yang berkaitan dengan pekerjaan transaksi-transaksi yang berhubungan dengan gaji para karyawan, dan menu Insurance menjelaskan tentang pekerjaan sales, sedangkan menu operational cost menjelaskan tentang biaya operasional yang digunakan pada suatu perusahaan.

  •     Perpajakan 

Fitur ini menjelaskan tentang kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan perpajakan. Kegiatan perpajakan yang dibahas dalam fitur ini meliputi pekerjaan peraturan tentang pajak dan juga pengaturan pajak agar lebih mudah dalam pelaksanaannya. Pada tampilan awal dari fitur ini terdiri dari menu ‘’PPN tax’’ yang menjelaskan tentang jumlah persen pajak, lalu menu’’ service tax’’ menjelaskan tentang pengaturan persen sistem perpajakan dan menu total  ‘’tax rate’’ yang menjelaskan tentang total dari jumlah pengaturan perpajakan pada sistem ini.

  •    Mobile App

 
Selanjutnya pada fitur ini adalah disediakan tampilan pada perangkat tautan berupa android. Pada perangkat tautan ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi ini dapat digunakan dimanapun dan kapanpun yang memudahkan dalam pengerjaan bagi penggunanya.

Selain fitur-fitur pendukung biasanya suatu software juga didukung oleh keunggulan dan juga kelemahan dari sistem softwarenya sendiri. Adapun kelebihan-kelebihan yang berkaitan dengan penggunaan software ini antara lain: 

1.    Mampu Menghemat Waktu Penggunanya

Karena sistem software ini dirancang khusus agar dapat ditautkan dengan berbagai jenis perangkat pembantu seperti android dan juga iPhone maka penggunaan dari software ini tentunya akan sangat menghemat waktu bagi penggunanya karena kemudahan dalam menjalankan aplikasi ini di perangkat tautan seperti android dan juga iPhone.

2.    Memiliki Hasil Yang Lebih Akurat

Karena seluruh kegiatan dalam perusahaan dijalankan oleh sistem software maka pastinya pengerjaan suatu kegiatan akan memakan waktu yang lebih sedikit karena semua pekerjaan akan diatur oleh sistem software dan tidak dilakukan secara manual.

3.    Dapat Diakses Melalui Berbagai Media

Karena sistem software ini didukung oleh berbagai media dan juga perangkat tautan membuat penggunanya dapat dengan mudah mengakses software ini melalui berbagai media. Terlebih lagi mengakses software ini menggunakan android akan lebih mudah karena umumnya banyak pengguna akan menggunakan androidnya dibandingkan penggunaan komputer.

2.    EQUIP

Software akuntansi yang satu ini berasal dari negara Singapura yang dirancang oleh HashMicro pada tahun 2008. Software akuntansi jenis ini sudah sangat banyak digunakan oleh para pengguna internasional dan nasional. 

Karena banyaknya manfaat yang bisa didapat dari penggunaan software ini maka banyak perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan software ini. Software ini sepertinya memang didesain untuk sistem perkantoran di Indonesia.

Beberapa perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan software ini diantaranya adalah Yokohama, Hino Truck dan perusahaan lainnya. EQUIP ini sendiri merupakan software yang didesain khusus dengan kemudahan dalam pengerjaan bidang akuntansi. Software ini tercatat sebagai jenis software terbaik dan unggul dalam bidang akuntansi. Software ini dirancang dengan manfaat serbaguna bagi para penggunanya.

Software EQUIP ini dirancang dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Software ini juga dilengkap dengan daftar solusi utama yang diantaranya terdiri dari :

  •     ERP

Sistem ini merupakan jenis sistem dalam software dengan nama ERP EQUIP yang dibuat untuk kegunaan bermacam-macam industry. Keragaman dari industri yang dirancang untuk ERP ini adalah untuk industri seperti grosir,eceran, makanan dan minuman, permesinan, manufaktur dan konstruksi. Sistem ini dirancang dengan berbagai fitur canggih dan dapat digunakan untuk meningkatkan level bisnis para penggunanya.

  •     CRM

 
Sistem solusi utama lainnya yang disediakan oleh software ini adalah sistem CRM EQUIP yang dapat membantu peningkatan bisnis para penggunanya. Sistem ini dirancang agar dapat membantu penggunanya agar dapat memiliki hubungan baik dengan para pelanggannya. 

Manfaat lainnya dari sistem ini adalah mampu menyempurnakan proses penjualan pengguna dan mampu membantu meraup keuntungan lebih dengan menerapkan sistem CRM ini. Sistem ini dirancang dengan tujuan agar para penggunanya dapat mencoba melampaui batas kemampuan biasanya.

  •   SISTEM AKUNTANSI

Solusi utama selanjutnya dari software ini adalah sistem akuntansi yang memiliki keunggulan yaitu dapat menciptakan faktur dan laporan keuangan hanya dengan menggunakan sistem ini. Sistem ini dirancang agar dapat membantu dalam hal manajemen keuangan penggunanya sehingga pengguna dapat menjadi lebih fokus pada urusan bisnis yang lainnya. 

Sistem akuntansi ini memiliki fungsi lain yaitu dapat mengatur rekening pengguna serta menghasilkan laporan keuangan.  Adapun laporan keuangan yang dihasilkan oleh sistem ini bersifat real time.

  •   PENJUALAN

Sistem pendukung lainnya yang menjadi bagian dari software ini adalah sistem penjualannya. Sistem penjualan dari software ini dianggap sudah sangat canggih dan mampu memajukan taraf penjualan para penggunanya. Sistem penjualan ini memiliki fungsi utama yang dapat mengatur segala proses penjualan penggunanya dengan menjangkau prospek yang tepat. 

Sistem ini juga diklaim mampu mengubah prospek menjadi peluang yang sangat berguna bagi para penggunanya. Sistem ini mampu mendapatkan tawaran terbaik untuk penggunanya dan membuat para pengguna fokus dengan penerapan software ini.

  •     HRM

Sistem HRM ini merupakan bagian dari software EQUIP ini yang juga dianggap sebagai solusi utama. Sistem ini dianggap mampu mengatur sumber daya manusia untuk segala keperluan bisnis para penggunanya. 

Sistem ini bekerja dengan memantau aktivitas para karyawan yang disertai dengan pengelolaan gaji karyawannya. Dalam sistem HRM ini HRD di suatu perusahaan menjadi lebih fokus pada pengembangan bisnis perusahaan untuk mencapai taraf yang lebih baik lagi.

  •     E-FAKTUR

Sistem ini merupakan bagian dari software EQUIP dengan kemampuan utama yaitu mampu mengelola seluruh faktur perusahaan dengan cepat. Sistem ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya dengan kemudahan dalam mengatur seluruh faktur hanya dengan beberapa klik dari struktur sistem. 

Manfaat lainnya yang bisa didapat dari solusi utama software ini adalah kemudahan dalam pengiriman faktur saat dalam perjalanan, sistem ini juga mampu mengatur pengeluaran pengguna dengan mudah yang disesuaikan dengan faktur penggunanya. 

Selain didukung oleh fitur-fitur yang canggih software ini juga bergerak dalam bidang  industri seperti grosir, mesin/engineering, konstruksi, makanan dan minuman. Keunggulan software ini dalam masing-masing industri meliputi :

1.    Grosir

Dalam industri grosir penggunaan software ini didukung oleh solusi utama ERP EQUIP. dalam industri grosir biasanya terkait dengan pemilik, distributor, dealer, dan penyuplai bisnis grosir. Dan penggunaan software ini biasanya menyesuaikan dengan jumlah distribusi industri terkait, penggunaan software ini sangat berguna pada industri ini karena dapat mengoptimalkan seluruh operasi bisnis pengguna dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis masing-masing penggunanya.

2.    Manufaktur

Pada industri manufaktur dapat digunakan software EQUIP ini dengan dukungan solusi utama sistem ERP. Industri ini biasanya selalu mencari cara agar dapat meningkatkan efisiensi dalam bidan industri ini yang disertai dengan penemuan cara-cara baru. 

3.    Makanan dan Minuman

Dalam industri ini software memiliki pengaturan dalam hal stok barang produk baik berupa makanan dan juga minuman. Dalam industri ini software melakukan pengaturan pengolahan data-data terkait penjualan dan menyusunnya secara sistematis.

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami