search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Temuan Sampah Plastik di Lambung Hiu Paus Mati Terdampar di Pekutatan
Jumat, 3 November 2023, 12:57 WITA Follow
image

beritabali/ist/Temuan Sampah Plastik di Lambung Hiu Paus Mati Terdampar di Pekutatan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Sejumlah warga telah berdatangan untuk menyaksikan langsung tubuh ikan hiu paus yang terdampar di pesisir Pantai Pekutatan, Banjar Yeh Kuning, Desa/Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Kamis 2 November 2023 pagi. 

Pihak kepolisian, TNI, hingga BKSDA sudah berada di lokasi untuk menunggu tim melakukan penanganan.

Petugas BKSDA Bali Resort Jembrana, Ahmad Yanwar, mengungkapkan dugaan sementara bahwa hiu paus ini mungkin mengalami sakit. Untuk memastikan, pendalaman lebih lanjut atau nekropsi serta hasil uji lab diperlukan. Dugaan sakit muncul karena temuan sebelumnya, di mana seekor hiu paus yang dinektopsi ditemukan dengan sampah plastik di dalam lambungnya.

Yanwar menyebutkan bahwa tidak ada luka ditemukan pada kondisi fisik hiu paus kali ini, sehingga belum ada dugaan bahwa hiu ini diburu atau terbentur karang. Dia juga menyatakan bahwa tindaklanjutnya masih menunggu tim dari JSI dan PSDKP untuk menentukan apakah dilakukan nekropsi atau tidak. Jika kondisinya tidak memungkinkan, nekropsi tidak akan dilakukan seperti sebelumnya.

"Proses penguburan telah berkoordinasi dengan BPBD, namun masih menunggu keputusan apakah dilakukan nekropsi atau tidak," ungkapnya.

Sebelumnya, seekor ikan hiu paus kembali ditemukan terdampar di pesisir Pantai Pekutatan wilayah Banjar Yeh Kuning, Desa/Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Kamis 2 November 2023. 

Hius paus atau yang lebih dikenal hiu tutul tersebut ditemukan dalam kondisi mati. Saat ini penanganannya masih menunggu tim dari Satker Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jembrana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami