News

Busana Pemimpin G20 di GWK Dihina YouTuber, Ini Respons Pembuat Tenun Catri Bali

 Kamis, 17 November 2022, 22:49 WITA

bbn/ I Putu Agus Aksara/Busana Pemimpin G20 di GWK Dihina YouTuber, Ini Respons Pembuat Tenun Catri Bali.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Acara jamuan makan malam di Kawasan Garuda Wisnu Kencana terasa sungguh spesial karena menyuguhkan pentas yang spektakular juga terlihat sejumlah Kepala Negara menggunakan pakaian tenun catri Bali.

Namun, tidak semua orang mampu mengapreasiasi kain tenun buatan tangan yang memilliki corak dan warna beragam itu. Seorang Youtuber Inggris sekaligus pengamat politik, Mahyar Toussi, bahkan mengolok-olok busana yang dikenakan sejumlah pemimpin negara di KTT G20, termasuk dipakai pula oleh PM Inggris Rishi Sunak. "Apa sih yang dipakai para idiot ini?" tulis pria yang melabeli dirinya anti-Iran itu. 

Kendati sudah dihapus, tangkapan gambar cuitan itu sudah beredar luas, yang salah satunya dibagikan ulang akun jurnalis, sekaligus editor Election Watch, @maxwalden_. Ia menulis, "Influencer sayap kanan Inggris menghapus tweet setelah dikritik (warganet Indonesia) karena menghina endek/batik. Warganet Indonesia tetap tidak terkalahkan."

Kabar itu didengar pula oleh pemilik usaha Dian's Rumah Songket & Endek, I Putu Agus Aksara. Tokonya membuat dan menyediakan bahan tenun yang dipakai oleh para pemimpin G20 di Bali. 

"Ya ndak apa-apa, nambah terkenal. Orang-orang nyari saya... Se-Indonesia jadi kepo, malah nambah naikkan brand. (Saya) ambil hikmahnya," kata Agus kepada Liputan6.com, Rabu malam, 16 November 2022.

"Orang Indonesia ternyata banyak yang bangga, mencintai produk lokal... Banyak netizen bela endek," imbuh dia.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending