News

Tiga Sekawan Jalan Kaki dari Sukawati Tangkil ke Pura Besakih, Ditempuh 11 Jam

 Senin, 08 April 2024, 14:04 WITA

beritabali/ist/Tiga Sekawan Jalan Kaki dari Sukawati Tangkil ke Pura Besakih, Ditempuh 11 Jam.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Gianyar. 

Di tengah kroditnya jalur menuju Besakih karena banyak kendaraan, ditambah akses shuttle bus yang terbatas, ternyata tidak berpengaruh bagi tiga sekawan asal Gianyar. Mereka memilih tangkil (menghadap Ida Batara) dengan berjalan kaki.

Jarak yang mereka tempuh sepanjang 42 kilometer (km) dengan lama perjalanan 11 jam. Pengalaman mereka jalan kaki sampai ke Pura Besakih dibagikan di media sosial dan menuai beragam tanggapan. Mereka jalan melewati semak, jalan desa hingga jalan protokol Klungkung-Karangasem.

Tiga sekawan itu adalah Frananda Agastya asal Desa Batuan, Sukawati, Gianyar, Made Parta dan Nyoman Kiwul asal Tengkulak, Sukawati. Diwawancarai beritabali.com, Frananda biasa dipanggil Yande. Namun dia enggan menyebut nama aslinya di publik.

Biar dia dipanggil Yande atau dengan nama medsos dikenal dengan Frananda Agastya saja. "Saya start dari rumah teman di Tengkulak. Jalan kaki dari sana," ujar Frananda saat dihubungi via telepon.

Meski jalan jauh, tak ada rintangan yang dihadapi. Semuanya berjalan normal. Sebab, mereka ini grup yang sudah sering naik turun gunung.

Dia hanya berpesan, bahwa tangkil untuk menghaturkan bakti ke Ida Sang Hyang Widhi tidak boleh banyak mengeluh. Apalagi ada yang ramai viral mengeluh sudah berada di Besakih

"Jangan mengeluh soal shuttle. Dari parkiran ke pura kan hanya 5 menit saja. Saya jalan dari Tengkulak (Sukawati) ke Besakih," tutup dia.

Penulis : bbn/gnr

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Gianyar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending