search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kemenhub Buka Opsi Pendanaan LRT di Bali Lewat Skema Creative Funding
Selasa, 26 September 2023, 09:28 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Kemenhub Buka Opsi Pendanaan LRT di Bali Lewat Skema Creative Funding.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan saat ini pemerintah tengah mematangkan serangkaian uji kelayakan untuk berbagai opsi termasuk usulan pembangunan LRT dengan konsep underground di Bali. 

"Uji kelayakan masih berjalan dan memang konsep pembangunan bawah tanah menjadi salah satu konsep yang turut dikaji," kata Adita. 

Ditanya soal kemungkinan pembengkakan anggaran untuk pembangunan bawah tanah, Adita menjawab anggaran akan disiapkan dengan mengadopsi kombinasi anggaran dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta skema lain seperti creative funding dll. 

Namun demikian, ia tidak menyebut berapa anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah terkait pembangunan LRT di Bali ini. 

"Kita masih fokus untuk uji kelayakan dulu," ungkap Adita. 

Sebelumnya, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Ervan Maksum mengatakan pembangunan LRT di Bali di prediksi akan memakan anggaran tiga kali lebih besar jika dibangun di bawah tanah. 

Opsi pembangunan LRT bawah tanah ini lantaran di Bali ada aturan tidak boleh ada bangunan yang lebih tinggi daripada pohon kelapa. Kemudian tidak dapat melakukan pelebaran jalan karena banyaknya pura. 

"Makanya satu-satunya cara (pembangunan) harus ke bawah dan ke bawah bisa pembiayaannya 3 kali lipat lebih besar dari pada di atas," kata Ervan. (sumber: kontan.co.id)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami