News

Perdana Dalam Dua Tahun, Myanmar Kirim Pejabat ke Rapat ASEAN

 Selasa, 30 Januari 2024, 20:32 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Perdana Dalam Dua Tahun, Myanmar Kirim Pejabat ke Rapat ASEAN

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Dunia. 

Pejabat Myanmar untuk pertama kalinya dalam dua tahun mengikuti pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN, Senin (29/1).

Pejabat senior Marlar Than Htike menjadi perwakilan pertama Myanmar yang menghadiri pertemuan tingkat tinggi di forum ASEAN, sejak blok itu memblokir segala pertemuan tingkat tinggi kepada Myanmar imbas situasi politik di negara tersebut.

Diberitakan AFP,  Htike yang merupakan birokrat senior Kementerian Luar Negeri Myanmar, terlihat menghadiri "retret" para menlu Asia Tenggara di Luang Prabang, Laos.

Pertemuan itu terjadi tiga hari sebelum peringatan tiga tahun kudeta Myanmar.

Saat tiba di upacara pembukaan, Marlar Than Htike enggan menjawab pertanyaan wartawan mengenai kehadiran Myanmar dalam pertemuan itu.

Meski begitu, dia terlihat bicara dengan Menlu Thailand Parnpree Bahiddha-Nukara dan Menlu Timor Leste Bendito dos Santos Freitas.

Sementara itu, dalam laporan Reuters, kehadiran sang birokrat dalam pertemuan ASEAN ini disebut masih sejalan dengan kebijakan Asia Tenggara terhadap Myanmar.

Reuters mengutip pernyataan Menlu RI Retno Marsudi yang menegaskan bahwa tak ada perubahan dalam kebijakan ASEAN terkait Myanmar.


Halaman :





Tonton Juga :





Trending