News

TPP Nyaris Sama dengan Guru, Sejumlah Kepsek di Karangasem Mengundurkan Diri

 Sabtu, 09 Desember 2023, 07:02 WITA

beritabali/ist/TPP Nyaris Sama dengan Guru, Sejumlah Kepsek di Karangasem Mengundurkan Diri.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang kecil menjadi salah satu faktor yang mendorong sejumlah Kepala Sekolah SD dan SMP di Karangasem mengundurkan diri dari jabatannya. 

Meski tidak semua penyebab mereka mundur karena kecilnya TPP, namun kondisi ini diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Wayan Sutrisna saat bertemu awak media, Jumat (8/12/2023). 

"Ada berbagai alasan mereka mundur dari Kepala Sekolah ingin kembali menjadi guru biasa, selain karena kecilnya tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang didapatkan, ada juga yang mundur karena yang bersangkutan sakit, ada juga karena kepentingan keluarga," kata Sutrisna. 

Pengusulan pengunduran sejumlah kepala sekolah dari jabatannya ini sudah terjadi sejak tahun 2022, para Kepala Sekolah ini tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem. Beban kerja dan tanggung jawab sebagai Kepsek cukup besar, sehingga banyak yang memilih mundur dari jabatan tersebut. 

Selama ini, TPP yang didapatkan oleh Kepsek pada tahun 2023 tidak jauh beda dengan TPP yang diterima tenaga pengajar lainnya. Selisihnya hanya sekitar Rp.100 sampai Rp.150 ribu, dimana untuk Kepsek mendapat sekitar  Rp800 ribu perbulan sementara pengajar biasa yang golongannya sama mendapat tunjangan sekitar Rp.650 ribu.

Menyikapi hal ini, Sutrisna sendiri berencana akan meningkatkan tunjangan untuk Kepsek pada tahun 2024 mendatang, untuk anggaran penambahan penghasilan kepsek ditambah sekitar Rp2,6 milliar di tahun 2024," imbuhnya.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending