search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dengan 15 lukisan, Wianta Siap Gebrak California
Jumat, 31 Agustus 2007, 17:24 WITA Follow
image

ilustrasi/google

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Perupa andal Bali, Made Wianta dijadualkan menggelar sejumlah karya terbaru di Bergamot Station, Santa Monica , California , Amerika Serikat, 8 September hingga Oktober 2007.

 

Bergamot, menurut Wianta yang sudah malang melintang berpameran di sejumlah negara, adalah suatu kawasan elit di California, tempat berdirinya sejumlah galeri seni bergengsi yang memamerkan karya-karya bermutu dari seluruh dunia. Dia telah dikontak sekitar setahun lalu untuk mempersiapkan pameran yang diberi tajuk Natural Flowing.

 

Dalam pameran kali ini, Wianta menyajikan 15 karya yang salah satunya berjudul Cracked Fragmen yang dibuat pada 2006, berukuran 244 x 473 cm dengan material cat minyak dan akrilik di atas kain lorosetu. Karya Wianta ini merupakan perpaduan dari berbagai material di atas kanvas konvensional maupun kain alam, termasuk lorosetu atau akarwangi.

Menurut Wianta, resep agar dapat terus eksis berhubungan dengan galeri di luar negeri, perlu dilakukan penjajakan panjang terlebih dulu dengan mempresentasikan karya. Setelah itu baru menjalin relasi agar terus berkesinambungan. “Langkah seperti ini bisa dilakukan siapa saja, dan berbagai informasi yang diperlukan bisa kita akses melalui internet,” kata Wianta di Denpasar sesaat sebelum bertolak ke California, Jumat (31/8).

Model karya yang dipamerkan kali ini terinspirasi dari bentuk-bentuk natural pulau yang sering dilihat Wianta ketika bepergian ke luar negeri.Dia memandang setiap pulau memiliki ekologi berbeda-beda akibat struktur, jenis tanah, iklim, dan kejadian alam yang membentuknya.

Wianta juga berupaya menginterpretasikan pengalaman hidup di antara 17.500 pulau yang tersebar di Nusantara dengan merespons dari sudut pandang kebebasan bentuk, warna, dan bidang.

 

Pemetaan kepulauan ke dalam ruang-ruang imajinatif Wianta seolah mengajak untuk memaknai setiap ceruk pencitraan tentang kekayaan dan daya tarik dari pulau ke pulau yang lain.

Selain pameran, Wianta merencanakan tinggal dua bulan di AS untuk berkarya dan memberikan workshop di California Institute of Arts (Cal-Art). Wianta juga menjadwalkan menyaksikan pertunjukan seni di Las Vegas , karena pada 2009 dia akan menjadi sutradara pertunjukan tari dan teater di Amsterdam Belanda.

Reporter: bbn/sas



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami