search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
31 Ogoh-Ogoh Semarakkan Ulang Tahun Kota Singaraja
Jumat, 21 Maret 2008, 17:19 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Sebanyak 31 ogoh-ogoh (boneka besar) bakal menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kota Singaraja, Minggu (30/3) sebagai tradisi setiap memperingati kelahiran Kota Singaraja yang didirikan Ki Barak Panji Sakti. “Ini sudah menjadi tradisi dan ditetapkan dalam kalender tahunan dan untuk kali ketiga ini, pelaksanaan Lomba Pawai ogoh-ogoh kita kaitkan dengan Visit Indonesia Year 2008, sekaligus promosi kegiatan ogoh-ogoh ini,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Puja Erawan, Jumat (21/3) saat meninjau pembuatan ogoh-ogoh di sejumlah Kelurahan di Buleleng.


Pelaksanaan Lomba Pawai ogoh-ogoh tahun ini di Kabupaten Buleleng mengambil tema Kriya Wala Bala Bali Bulih,” tema khusus tahun ini kita ambil sebagai sebuah kreativitas seni budaya yang tulus sebagai perekat keutuhan menyama braya (persaudaraan, red) dan mempunyai misi untuk menumbuh kembangkan kreativitas generasi muda guna memperkaya kasanah seni budaya Bali dan Buleleng pada khususnya.,” ujar Puja Erawan.

Kriteria dari ogoh-ogoh yang ditampilkan tingginya tidak lebih dari 3,5 m dari atas sanan (alas untuk mengangkat), tidak berbau promosi, mewujudkan tokoh pewayangan, tokoh cerita tantri, tokoh antagonis, dan perwujudan Bhuta Kala,” dalam lomba ini yang menjadi dasar penilaian dari dewan juri dinilai struktur anatomi, proporsi atau kesatuan hubungan, teknik, kreativitas, dan ornamentasi,” papar Kadisbudpar Buleleng. Menurut rencana, rute yang ditempuh dalam Lomba Pawai ogoh-ogoh tersebut akan diawali dari Tugu Singa Ambara Raja menuju Jalan Veteran – Gajah Mada – Sutomo – A Yani dan finish di Jalan Dewi Sartika Selatan. 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami