search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Asean Serukan Stabilitasi Harga Pangan
Sabtu, 3 Mei 2008, 23:40 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Menteri Perdagangan negara-negara Asean menyerukan adanya stabilisasi harga sebagai bagian dari upaya mengatasi krisis pangan di kawasan Asean. Para menteri Perdagangan negara Asean juga menyepakati upaya untuk menghindari kebijakan yang dapat menimbulkan distorsi dan berdampak pada berfluktuatifnya harga pangan di pasar.

Kesepakatan merupakan bagian dari kesepakatan bersama para Menteri Perdagangan Asean yang disampaikan pada penutupan Pertemuan ke-14 Menteri Perdagangan Asean di Nusa Dua Bali, Sabtu (3/5). Selain itu para Menteri perdagangan Asean juga sepakat untuk melakukan respon positif melalui peningkatan produksi pangan, perluasan lahan pertanian dan penelitian serta pengembangan guna mewujudkan keamanan pangan di kawasan Asean.

Menurut Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu yang penting untuk diwaspadai saat ini adalah fluktuasi harga. “Walaupun harga naik dia tidak berfluktuasi, ini sebetulnya yang paling penting kita sepakati di dalam rapat ini, begitu juga tindakan-tindakan yang kita lakukan jangan sampai mengganggu pasar,” jelas Mari Pangestu Mari Pangestu menambahkan pelaku eksportir dan Importir pangan di Asean juga diingatkan untuk tidak melakukan tindakan distorsi yang dapat menyebabkan fluktuasi harga pangan di kawasan Asean. Eksportir dan Importir pangan terutama beras diharapkan turut menjaga stabilitas harga di pasar di tengah krisis pangan yang terjadi di kawasan Asean. 

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami