search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ratusan Pengusaha Kerajinan Perak Gulung Tikar
Rabu, 11 Juni 2008, 15:42 WITA Follow
image

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ratusan pengusahan kerajinan perak di Bali menghentikan sementara seluruh kegiatannya akibat mahalnya harga bahan baku pasca kenaikan harga BBM. Dimana harga bahan baku perak saat ini mencapai Rp. 5.600.000/kilogram padahal sebelumnya hanya mencapai Rp. 4.000.000/kilogram.

Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Kerajinan Perak Bali dari sekitar 300 pengusaha kerajinan perak yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Kerajinan Perak Bali, sekitar 60 persen diantaranya mengalami mati suri.

Ketua Asosiasi Pengusaha Kerajinan Perak Bali Wayan Mudita dalam keteranganya di Sanur (11/6) menyatakan mati surinya sebagian besar usaha kerajinan perak di Bali tidak hanya karena kenaikan harga bahan baku semata, tetapi juga akibat menurunya daya beli di tingkat lokal.

Muditha berharap pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk kredit tanpa anggunan (KTA). “Kalau diberikan bantuan dengan KTA dengan waktu 3 tahun, kan sangat berguna bagi pengerajin sehingga bisa meninvestasikan lagi di barang terutama bahan baku,” tegas Mudita.

Muditha menyebutkan pada dasarnya potensi ekspor kerajinan perak Bali cukup tinggi terutama ke negara-negara Eropa dan Amerika. Namun potensi tersebut tidak tergarap akibat mahalnya bahan baku. (mlt)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami