search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Komunitas Muslim Dawoodi Bohra Rayakan Lebaran
Selasa, 30 Agustus 2011, 20:28 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Meski pemerintah telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1432 Hijriah jatuh pada hari Rabu 31 agustus besok, sebagian warga muslim di Bali sudah merayakan Idul Fitri hari ini. Salah satunya adalah komunitas muslim Dawoodi Bohra di Denpasar.

Sholat Idul Fitri digelar komunitas muslim Dawoodi Bohra mulai pukul enam pagi waktu setempat. Sholat Idul Fitri ini digelar di masjid muslim Dawoodi Bohra, yakni Masjid Muhammadi di jalan Kartini Denpasar.

Usai sholat, warga muslim Dawoodi Bohra yang mayoritas pedagang ini saling bersalam-salaman mohon maaf satu sama lain. Selain bersalam-salaman dengan sanak keluarga dan kerabat, umat muslim Dawoodi Bohra juga memberi penghormatan terhadap guru mereka Aamil Saheb Saifudin yang berasal dari Mumbai India.

"Berdasarkan kesepakatan guru kami dan anggota komunitas yang ada, kami tetapkan 1 Syawal 1432 Hijriyah jatuh pada Selasa tanggal 30 Agustus hari ini, ini berdasarkan perhitungan Hisab," jelas pengurus masjid Dawoodi Bohra Denpasar, Husain Iqbal Husain (30/8).

Usai melakukan sholat dan saling bersilaturahmi, umat muslim Dawoodi Bohra mendengar ceramah makna Idul Fitri dari guru mereka yang berasal dari Mumbai India. Di akhir acara, seluruh umat muslim Dawoodi Bohra makan bersama dengan menu khas Mumbai India yakni roti tawar,kima telur, daging kambing kuah merah, dan susu kurma panas.

 

Komunitas muslim Dawoodi Bohra mulai ada di Denpasar Bali sejak 200 tahun atau dua abad lalu. Generasi awal komunitas ini datang langsung dari Mumbai india dan berprofesi sebagai pedagang. 
 

Reporter: bbn/nod



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami