search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
TNI AU dan AU Australia Gelar Latihan Bersama
Senin, 5 September 2011, 20:48 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Sebanyak 25 pilot dari TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Royal Australian Air Force (RAAF) melakukan latihan bersama keahlian tempur pesawat di kawasan udara Bali. Latihan digelar selama lima hari, mulai dari hari ini (5/9/2011).

Komandan Pangkalan Udara TNi AU Ngurah Rai Bali, Letnan Kolonel Penerbang Jumarto, menyatakan, pilot pesawat tempur yang terlibat dalam latihan tersebut sebanyak 25 orang,

"13 pilot dari TNI AU dan 12 orang dari Royal Australian Air Force (RAAF). TNI AU mengerahkan enam pesawat tempur F-16 sedangkan pihak RAAF mengerahkan sebanyak delapan pesawat tempur jenis F-18 hornet," jelasnya.

Puluhan pilot dari kedua negara bertetangga ini, tambah Jumarto, akan berlatih selama empat hari di kawasan udara Pulau Bali, tepatnya di zona terbang sebelah selatan dan barat Bandar Udara Ngurah Rai.

"Para pilot tempur yang ikut latihan akan terbang di kawasan zona terbang itu dalam ketinggian sampai 50.000 kaki. Juga akan ada simulasi 'dog fight' atau simulasi duel pertempuran pesawat tempur di udara," ujar Jumarto.

Jumarto menambahkan, latihan militer Indonesia dan Australia ini tidak ada hubungan langsung dengan rencana kedatangan Presiden Amerika Barrack Obama ke Bali, bulan November mendatang.

"Tidak ada (hubungan) secara khusus dengan rencana kedatangan Presiden AS Obama ke Bali, namun secara politis ini bisa berdampak positif bagi citra keamanan Bali dan juga Indonesia. Bali selama ini menjadi salah satu barometer keamanan di Indonesia," kata Jumarto. 

 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami