search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Anjing Liar di Bali Bakal Disteril
Rabu, 28 September 2011, 16:09 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Populasi anjing liar  yang berkeliaran di Bali kini mulai direncanakan akan di kontrol . Kontrol Populasi anjing liar tersebut menurut rencana akan dilakukan dengan cara menstrerilisasi induk-induk anjing liar untuk membatasi populasi anjing liar.

Kepala Dinas Peternakan Bali Putu Sumantra di sela-sela peringatan hari Rabies Se-dunia di Taman Budaya Denpasar, Rabu (28/9/2011) menyatakan upaya kontrol populasi bertujuan agar populasi anjing liar di Bali stabil dan tidak mengalami pertumbuhan yang ekstrem. Kontrol populasi dengan cara sterilisasi akan dilakukan dengan dua metode yaitu sterilisasi indung telur betina dan pembatasan jumlah anak (KB)

“Tambahan populasi ini kan biasanya dari betina induk, yang mana banyak orang Bali itu jika tidak suka pada anjing yang betina itu biasanya mereka buang, terhadap anjing-anjing itu kita lakukan beberapa langkah yaitu ada langkah sterilisasi, sterilisasi ini ada dua pola yang kita gunakan baik melalui mekanik atau sel telurnya itu diinaktifkan atau dengan hormone seperti pil KB,” papar Putu Sumantra.

Sumantra menambahkan langkah kontrol populasi juga bertujuan agar lebih mudah dalam menanggulangi penyebaran rabies, termasuk dalam melakukan vaksinasi anjing liar.

 

Berdasarkan data Dinas Peternakan Bali hingga saat ini tercatat 70 persen atau sekitar 230.000 anjing di Bali telah berhasil divaksin. 
 

 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami