search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penerima Raskin di Bali Meningkat
Selasa, 3 Juli 2012, 19:10 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bali, Putu Astawa menyatakan penerima Beras Miskin (Raskin) di Bali untuk Tahun 2012 ini meningkat drastis. Sebelumnya penerima Raskin di Bali sebanyak 138.804 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Jumlah peningkatan tersebut mencapai  46.058 RTS.

Bila sebelumnya klasifikasi RTS adalah keluarga yang sangat miskin, miskin, hampir miskin, maka untuk tahun 2012 klasifikasi ini ditambah dengan RTS yang berpotensi akan miskin atau yang rentan miskin.

"Mekanisme ini dilakukan oleh pusat sehubungan akan dinaikkannya BBM beberapa waktu lalu. Namun ternyata BBM tidak jadi naik, tetapi format tersebut tetap saja dipakai dan tercatat sebagai warga yang berhak menerima Raskin," tegas Astawa.

Akibat perubahan mekanisme tersebut, penerima Raskin disasar lagi kepada masyarakat yang warganya rentan miskin. Dimana pendapatan perkapita tahun 2012 penduduk dihitung Rp 244.000/bulannya. "Program pengentasan kemiskinan tidak gagal, walau penerima Raskin bertambah. Hal ini bertambah karena sasaran penerima Raskin diperluas kepada warga yang hampir miskin," imbuh Astawa.

Penerima Raskin sebelumnya merupakan warga yang sangat miskin, miskin dan hampir miskin, sedangkan mulai Juni 2012 warga yang disasar lagi adalah warga yang rentan miskin. Setiap RTS diwajibkan membeli Raskin dengan harga Rp 1.600/kg dan setiap RTS mendapat beras subsidi setiap bulannya 15 kg.

 

Penerima Raskin saat ini di Bali berjumlah 180.862 RTS yang tersebar diseluruh kabupaten/kota di Bali. Sedangkan kabupaten penerima Raskin terbanyak adalah Kabupaten Buleleng sebanyak 47.511 RTS dan Kabupaten Karangasem sebanyak 26.787 RTS. Sedangkan kabupaten yang paling sedikit menerima jatah Raskin adalah kabupaten Klungkung dengan jumlah 10.662 RTS. 

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami