search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
IHDN Jalin Kerjasama Dengan 4 Ashram di India
Senin, 7 Januari 2013, 08:39 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan kampusnya, Institut Hindu Darma Negeri (IHDN) Denpasar menjalin kerjasama dengan empat ashram di India. Ashram yang diajak kerjasama ini memiliki kualitas dan fasilitas dengan standar internasional. Kesepakatan kerjasama atau MoU ini ditantangani pihak IHDN di dua kota di India yakni di Kota Rishikesh dan Haridwar.

"MoU IHDN Denpasar di Kota Rishikesh India dilakukan dengan  Asram Omkarananda Patanjala Yoga Kendra pimpinan Sissharta Khrisna dan  Asram Swami Rama Sadhaka Grama pimpian Swami Radha Bharathi,"jelas Kepala Biro Administrasi Umum, DR Praptini Mpd, di Denpasar, Senin (7/1/2013).

Sementara di Kota Haridwar, penandatanganan kesepakatan kerjasama dilakukan antara IHDN Denpasar dengan Ashram Sanatan Dhara Foundation Trust dan Tripura Yogashram, pimpinan Swami Amlananda.

"Total semua yang kita ajak kerjasama 4 buah Asharm di India. Semuanya memiliki sekolah mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Ashram Swami Radha Sadhaka bertaraf internasioanal. Di sana memiliki pasraman bertaraf internasional,"ujar Praptini yang hadir langsung mewakili IHDN Denpasar dalam penandatanganan tersebut pada 21 hingga 31 Januari 2012 lalu.

Kerjasama antara IHDN Denpasar dan 4 ashram di India ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, peningakatan SDM, serta manajemen. Kerjasama akan berlaku selama 3 tahun dan akan diperpanjang lagi.

"Konsentrasinya nanti disesuaikan. Kalau IHDN memerlukan bidang filsafat Hindu misalnya, ke empat Asrham ini bisa diajak kerjasama. Demikian juga jika kita ingin memperdalam yoga dan meditasi, semua bisa kita lakukan di sana,"imbuhnya.

Setelah kerjasama ini ditandatangani, IHDN berencana mengirim dosen, pegawai, dan mahasiswanya untuk mengikuti 'short course' selama 2 hingga 4 bulan di  empat Ashram tersebut.

"Di Asram Swami Radha Barati, di sana jika kita kirim SDM dari IHDN, semua biaya hidup, akomodasi, dan konsumsi tidak dipungut karena sudah disiapkan di Ashram,"jelasnya.

Manfaat kerjasama ini bagi IHDN Denpasar adalah untuk menambah kualitas SDM IHDN Denpasar, mulai pihak pengelola, dosen, hingga mahasiswa.

"Ini akan menambah wawasan, sehingga dosen, pegawai, dan mahasiswa akan terbuka wawasan, daya inovasi, dan kreasinya. Sehingga dia dimungkinkan bisa mengarah ke kehidupan yang lebih disiplin. Kemudian yang ke tiga, dengan adanya kerjasama, maka akan menambah nilai akreditasi IHDN Denpasar yang dilakukan oleh Badan Akredtitasi Nasional Kemendikbud,"ujarnya.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami