search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bali Tetap Waspada Kasus Flu Burung Pada Itik
Senin, 29 April 2013, 10:32 WITA Follow
image

google/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali melaporkan bahwa selama April tahun ini kasus flu burung pada itik di Bali nihil. Padahal sebelumnya sejak  Desember hingga Maret lalu,  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali mencatat telah terjadi 28 kasus flu burung pada itik di Bali.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali Putu Sumantra mengatakan walaupun dalam satu bulan terakhir kasus flu burung pada itik tidak muncul, tetapi tetap harus diwaspadai. Mengingat flu burung merupakan virus yang bersifat endemis, sehingga dapat muncul kapan saja.

“Jadi kita tetap melakukan kewaspadaan terhadap kemungkinan muncul karena ini endemis, perubahan cuaca memungkinkan terjadi munculnya virus-virus itu ke permukaan, yang kedua adalah hari raya, hari raya itu menyebabkan orang membeli itik dan ayam di pasar, oleh sebab itu pasar di sparying dan masing-masing orang melakukan langkah-langkah biosecurity juga,” jelas  Putu Sumantra.

Putu Sumantra menyampaikan sebagai langkah kewaspadaan pemerintah provinsi Bali akan terus melakukan upaya peningkatan sanitasi pada pasar-pasar unggas dan tradisional. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan sparying atau penyemprotan desinfektan secara rutin. (mlt)
 

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami