search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Warga AS Luncurkan Software Belajar Bahasa Bali
Senin, 8 Juli 2013, 18:23 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Berawal dari keinginan belajar budaya Bali, seorang warga Amerika Serikat, Alissa Stren akhirnya membuat software atau perangkat lunak belajar berbahasa Bali.

Pembuatan software yang berupa modul interaktif belajar  Bahasa Bali merupakan usaha untuk upaya memperkenalkan Bahasa Bali ke seluruh dunia dan menarik minat generasi muda Bali untuk terus melestarikan Bahasa Bali.
 
Alissa Stren dalam keteranganya di Denpasar (8/7/2013) mengungkapkan Bahasa Bali memiliki keunikan tersendiri. Pemilihan kata dalam percakapan Bahasa Bali menunjukkan kedekatan dan etika penggunanya. Selain itu kata-kata dalam Bahasa Bali memiliki nilai filosofi, sejarah, kebudayan dan kearifan lokal.


Pada kenyataanya penutur Bahasa Bali cenderung terus berkurang, terbukti saat ini hanya terdapat sekitar 1 juta penutur aktif Bahasa Bali dari sekitar 3,5 juta penduduk Bali. Menurut Alissa, dengan keunikan yang dimiliki oleh Bahasa Bali sudah selayaknya Bahasa Bali dimasukkan sebagai bagian dari warisan budaya dunia.

“ Bahasa Bali itu penting untuk seluruh dunia dan itu dinilai seluruh dunia dan dinilai semacam heritage, Bahasa Bali semacam permata asli dan itu dinilai orang diseluruh dunia karena ada banyak keahlian dan ilmu,” papar Alissa Stren.
 
Alissa Stren menambahkan modul interaktif belajar  Bahasa Bali tidak saja memuat tata bahasa dan catatan yang fokus pada percakapan bahasa Bali tetapi juga memuat pembelajaran penulisan dengan menggunakan huruf Bali. Materi pelajaran tersebut telah diluncurkan pada 5 Februari 2013, serta akan dibagikan secara gratis, untuk organisasi nirlaba dan kelompok masyarakat. (mlt)

Reporter: bbn/sin



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami