search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KBTI Serahkan Konsep Antisipasi Penghadangan Pelantikan Jokowi-JK
Sabtu, 30 Agustus 2014, 20:06 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Relawan Koalisi Bhineka Tunggal Ika (KBTI) telah memiliki konsep dan kajian hukum untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan diganjalnya pengunduran diri Jokowi di DPRD DKI serta dihadangnya proses pelantikan Jokowi-JK di MPR.

Konsep dan kajian dalam satu map yang juga berisi legal opini, konsep program legislasi, serta konsep pembaharuan Kejaksaan, guna membantu percepatan pemberantasan tipikor di Indonesa diserahkan langsung oleh Koordinator KBTI Wayan Sudirta kepada Jokowi yang didampingi istri dan disaksikan juga oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Tjok. Ratmadi dan pengurus PDIP lainnya.

"Konstelasi politik dalam bentuk apapun tetap harus diwaspadai. Termasuk kemungkinan diganjalnya pengunduran diri Jokowi di DPRD DKI serta dihadangnya proses pelantikan Jokowi-JK di MPR. Realitas politik memang seperti itu. Namun, dibantu sejumlah narasumber yang ahli, kami bersama relawan KBTI telah memiliki konsep dan kajian hukum bagaimana mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut," kata Sudirta di Denpasar, Bali, Sabtu 30 Agustus 2014.

Terkait aspirasi kuat di masyarakat agar mafia dan korupsi diberantas, karena mafia dan korupsi masih merajalela dan KPK sangat terbatas kemampuannya menangani kasus korupsi, relawan KBTI juga menyodorkan konsep bagaimana melakukan pembaharuan institusional di Kejaksaan, guna mendukung KPK untuk percepatan pemberantasan korupsi.

"Kejaksaan perlu diperkuat agar sesuai program revolusi mental melalui revitalisasi dengan memfungsikan Kejaksaan Negeri sebagai ujung tombak penanganan kasus, Kejaksaan Agung fokus melakukan pembinaan, Kejaksaan Tinggi melakukan supervisi. Tentunya dengan anggaran yang dicukupi," pungkas Sudirta.

Dalam penyerahan konsep itu, selain dihadiri relawan KBTI juga dihadiri Ida Pedanda Sebali (Dharma Adyaksa PHDI yang juga Penasihat KBTI) dan 10 Pendeta lain, Ketua PHDI Bali Dr.IGN Sudiana, dan dari total 20 eksponen yang bergabung di KBTI hadir beberapa ketua eksponen seperti Putu Wirata Dwikora (Ketua Eksponen Bali Corruption Watch), Prof. Made Bakta (Ketua Eksponen Akademisi), Made Dewantara Endrawan (Ketua Eksponen KORdEM Bali), Nyoman Budi Adnyana,SH (Ketua Eksponen Advokat Bali), Gusti Kade Sutawa (Ketua Eksponen Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali), Ketut Nuriyasa,SE (Ketua Eksponen Asosiasi Pariwisata Bali), Anak Agung Ngurah Agung (Ketua Eksponen Puri Gede Karangasem), AAA Tini Gorda (Ketua Eksponen Perempuan Cerdas Bali), Alit Badrika (Ketua Eksponen Setyaki 9).

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami