search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puluhan Pekerja Asal China Tak Miliki Paspor dan Visa
Rabu, 14 Januari 2015, 08:09 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Puluhan pekerja asal China yang bekerja di proyek PLTU Celukan Bawang, diketahui tidak memiliki dokumen resmi seperti paspor dan visa kerja. 

Empat mess atau tempat tinggal sementara para pekerja di Proyek PLTU Celukan Bawang yang tersebar di Kawasan PLTU Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang dan Desa Tinga-Tinga Kecamatan Gerokgak, Buleleng,  Selasa (13/1/2015) menjadi sasaran Operasi Penertiban Kependudukan yang dilakukan secara gabungan Satuan Fungsional di Polres Buleleng dan Polsek Kawasan Laut Celukan Bawang. Hasilnya puluhan warga asing yang bekerja di PLTU Celukan Bawang tidak memegang dokumen resmi.

Kasat Sabhara Polres Buleleng, AKP. Nyoman Kartika usai pelaksanaan Operasi  mengungkapkan, dari ratusan penghuni Mess pekerja PLTU Celukan Bawang secara tersebar ditemukan puluhan warga asing tanpa mengantongi Paspor dan Visa Kerja.

“Terhadap pelanggaran para pekerja asing itu belum dilakukan penindakan, ini baru sebatas pendataan sehingga masih akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buleleng maupun dengan Kantor Imigrasi di Singaraja,” ujar Kartika.

Dalam operasi kependudukan secara khusus menyasar para pekerja di Proyek PLTU Celukan Bawang itu menyasar empat lokasi, diantaranya di Shanghai Mess di Kawasan PLTU Celukan Bawang yang dihuni 40 orang, polisi menemukan satu penduduk lokal tanpa memiliki Kipem dan satu WNA China tanpa Paspor serta tujuh WNA China tanpa Visa.

Sementara di Mess yang mengunakan rumah penduduk di Desa Tinga-Tinga, dari 13 penghuni tidak ditemukan pelanggaran, sedangkan saat menyasar Mess yang memanfaatkan rumah penduduk di Desa Celukan Bawang yang dihuni 190 pekerja dari 28 Pekerja asing, empat diantaranya tidak memegang Paspor, demikian juga di Mess CSCIC ditemukan delapan pekerja China tidak memiliki dokumen sama sekali.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami