search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wow, Batu Akik Pulaki Laku Terjual Hingga Rp 1 Miliar
Senin, 9 Februari 2015, 09:30 WITA Follow
image

beritabalicom/p.setiawan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Jika wilayah Maluku Utara punya Batu Bacan, maka  Bali juga punya batu akik asli yang disebut batu akik Pulaki. Karena semakin langka, harga batu akik Pulaki terus melambung. Satu batu akik Pulaki pernah terjual hingga mencapai Rp 1 miliar. Hal ini disampaikan penghobi sekaligus pengrajin batu permata khas Bali, Gusti Komang Rai Dwaja, kepada beritabali.com, Senin (9/2/2015).

"Batu akik Pulaki, identik dengan unsur logam pasir emas, itu ciri khasnya. Batu akik Pulaki merupakan batu khas yang ada di Bali. Kelebihannya, ada  unsur spirit yang tinggi, diyakini sebagai pelindung, ada unsur logam sebagai sarana pengaman. Batu ini sering digunakan sebagai sarana upacara keagamaan dan adat di Bali,"jelasnya. Keberadaan batu akik Pulaki, jelas Gusti, kini semakin langka, karena ijin penambangan secara masif atau besar-besaran batu Pulaki di wilayah Buleleng ini telah dihentikan. 

Untuk memenuhi permintaan pasar, saat ini batu akik Pulaki, hanya bisa ditambang di ladang atau tegalan penduduk. Sementara penambangan di wilayah perbukitan sudah dilarang.

"Saat ini semakin langka karena penambangannya sudah dihentikan,  aktivitasnya bisa merusak lingkungan. Satu bukit besar di wilayah itu sudah habis digali, jadi sekarang penambangan di wilayah bukit  tertentu sudah dilarang. Tapi untuk penambangan di daerah aliran sungai masih boleh," jelasnya.

Karena semakin langka, tak heran harga batu akik pulaki semakin melambung. Di pasaran, harga akik Pulaki sangat mahal yakni di atas Rp 10 juta ke atas, seperti jenis Kecubung Kresna Dana Pulaki. 

Batu pulaki yang beredar sekarang, sambung Gusti, lebih banyak batu-batu stok lama. Dengan ciri khas pasir besi ada pasir emas, harganya bervariasi mulai Rp 10 jutaaan, Rp 25 jutaan, hingga miliaran rupiah.

"Harga batu Pulaki ada yang laku sampai Rp 150 juta tergantung kualitasnya. Bahkan ada yang pernah laku sampai Rp 1 miliar yang special edition. Pembelinya dari luar Bali, taksu dan spiritnya diambil, dipercaya sekali sugestinya. Itu laku tahun 1999, motif batunya Mancawarna,"ujarnya.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami