search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini 5 Situs Berita Online Terpercaya di Bali
Selasa, 25 Juli 2017, 17:45 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Belakangan marak muncul situs online yang mengatasnamakan sebagai media berita, padahal fakta yang disampaikan masih sulit dikatagorikan kredibel dan terpercaya. Jika tidak beruntung, masyarakat sebagai konsumen berita, akan dirugikan jika terlanjur mendapat informasi salah. Lantas, adakah media berita yang dapat dipercaya? 
 
Google Page Rank dapat menjadi alternatif pembaca untuk mengkatagorikan situs mana yang bisa jadi acuan dalam mengonsumsi informasi. Lewat Google Page Rank, situs berita online akan diurut berdasar jumlah link. Walau updatenya tidak pasti, namun lewat Google Page Rank, pembaca bisa mengetahui berita mana yang terpercaya sebab ini merupakan salah satu keunggulannya. 
 
[pilihan-redaksi]
Google Page Rank ini berkaitan dengan posisi suatu situs media online di mesin pencari google. 
 
Selain Google Page Rank, ada pula Alexa.com. Lewat situs ini, netizen dapat menegtahui situs mana yang visitornya terbanyak. Alexa.com akan menghitung situs mana yang paling banyak dikunjungi tiap hari. Hanya saja, paling banyak dikunjungi belum tentu artinya terpercaya. Sayangnya baik Google Page Rank maupun Alexa tidak merangking media online yang menggunakan sub domain, yang dirangking adalah situs utamanya.
 
Situs online hasil perhitungan Alexa.com yang masuk kategori paling banyak di klik tidak berkaitan dengan google. 
 
Jika berdasar Google Page Rank maka berikut 5 situs media online yang berdasar katagori terpercaya: 
 
1. Balipost.com (5/10) 
2. Nusabali.com (4/10) 
3. Beritabali.com (3/10) 
4. Suluhbali.co (2/10) 
5. Metrobali.com (2/10)
 
Makin besar angka berarti tingkat kepercayaannya makin tinggi. Nilai paling tinggi yakni 10/10. Media sekelas kompas.com maupun Tempo.co dan sebagainya menempati angka 9/10 
 
Sementara, berdasar perhitungan Alexa.com, berikut media online dengan kunjungan terbanyak: 
1. Balipost.com
2. Suluhbali.co 
3. Nusabali.com 
5. Metrobali.com
 
Dari perhitungan tersebut, Beritabali.com dalam Google Page Rank dan Alexa.com menempati urutan 5 besar. Bahkan, diantara media online tersebut, Beritabali.com mampu menyaingi media online yang telah lama dikenal masyarakat sebagai media cetak. 
 
Praktisi Teknologi Informasi, I Putu Agus Swastika M.Kom mengatakan masuknya beritabali.com dalam Google Page Rank berarti banyak situs lain yang mereferensi beritabali.com. Ini merupakan modal bahwa Beritabali.com dipercaya oleh situs lain sebagai referensi dalam mendapatkan informasi mengenai Bali. 
 
"Ibarat sebuah Jurnal ilmiah, BUKU Beritabali.com tercantum di banyak jurnal ilmiah," katanya, Senin (24/7). 
 
Kata dia, sedangkan jika mengacu pada Alexa.com yang mengurutkan berdasarkan banyaknya kunjungan ke situs, Beritabali.com menempati peringkat 4, di bawah balipost.com, suluhbali.co, nusabali.com.
 
"2 media atasnya kan sudah banyak dikenal dan juga bergerak sebagai media cetak," sebutnya. 
 
Menurutnya, ini merupakan prestasi yang bagus untuk beritabali.com sebagai media yang sudah berumur 12 tahun. Beritabali.com harus meningkatkan tingkat kepercayaan netizen dan terus meningkatkan kualitas berita. 
 
"Setiap media online di Bali agar tidak hanya fokus pada kecepatan tayang berita namun juga tetap menjaga kualitas berita agar menjadi media online yang dipercaya pembaca," sebutnya. [bbn]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami