search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Dia 10 Pedoman Hambat Proses Penuaan
Senin, 11 September 2017, 08:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Badung Post, Jimbaran. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, dan ada sebagian orang juga takut menghadapi proses penuaan. Yang mau tidak mau pasti akan melalui proses tersebut. Adapun proses penuaan disebabkan oleh berbagai faktor yang dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. 
 
Menurut dokter Spesialis Andrologi dan Seksual, Prof. DR. Wimpie Pangkahila, Sabtu,(9/9) di Jimbaran, pada dasarnya ada beberapa upaya yang bisa dilakukan dalam menghambat proses penuaan, yang dibagi menjadi 10 pedoman, mulai dari menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dengan gaya hidup sehat sampai pada memperoleh pengobatan dari dokter yang berkompeten.
 
"Ada sepuluh pedoman, dalam menghambat proses penuan mulai dari menjaga kesehatan tubuh dan jiwa dengan gaya hidup sehat, kehidupan sehari-hari harus berbahagia termasuk kehidupan seksual, lakukan pekerjaan sebagai kesenangan, hiduplah dalam lingkungan sosial yang sesuai hati nurani, berfikir positif dan optimis, jangan selalu merasa sehat karena tidak ada keluhan yang serius, jangan merasa sudah tua, jangan memakai obat yang tidak punya dasar ilmiah, lakukan pemerikasaan kesehatan secara berkala, dan yang terakhir dapatkan pengobatan dari dokter yang berkompeten," paparnya.
 
Dilanjutkan, hambatan atau kesulitan melakukan upaya menghambat proses penuan tanpa intervensi, antara lain disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Pengetahuan yang rendah, dan budaya yang tidak benar.
 
"Lingkungan yang tidak sehat antara lain, terbukti dari sejumlah makanan yang ternyata diracuni oleh bahan berbahaya seperti, formalin, pestisida, dan bahan pewarna," jelasnya.
 
Dikatakan, selain itu pengetahuan yang rendah dalam berbagai aspek menimbulkan banyak masalah, yang menyebabkan upaya menghambat proses penuaan tidak dipahami.[bpc/aga]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami