search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sudah Tahu Apa Itu Drawing On Novel?
Selasa, 28 November 2017, 16:00 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Drawing On Novel (DON) merupakan eksplorasi drawing dan sketsa dengan menggunakan novel sebagai medianya. Menurut sang pelukis DON (seni murni) I Wayan Sujana  "Suklu", Sabtu, (25/11) di Denpasar, cara yang dilakukan untuk membuat seni ini yaitu melalui coretan Charcoal dengan mengkrontruksi alam bawah sadar. 
 
[pilihan-redaksi]
"Seni kontemporer Indonesia belakangan ini menunjukkan perkembangan signifikan dalam praksis penggunaan media. Benda bentukan (dibuat), benda sejarah (artefak), dan benda bekas (temuan) telah menjadi medium dalam berkarya. Salah satunya, DON dapat pula dimanfaatkan sebagai media workshop kepada public, sebagai sarana mental release," jelasnya.
 
Menurut Dia, novel memiliki tubuh, cover sebagai muka, halaman demi halaman cerita yang berfungsi sebagai badan, serta rohnya adalah pengarang (sastrawan). 
 
"Diatas tubuh buku novel pencipta mengekplorasi bentuk-bentuk visual dengan cara men-drawing," ujarnya.
 
Dilanjutkan, bentuk-bentuk yang digambarkan merupakan bentuk-bentuk imajinatif yang ada di ruang ketidaksadaran. 
 
"Berdasarkan keyakinan pada ruang bawah sadar ada struktur visual yang biasa diekpresikan dengan metode intuintif, seperti yang ditandaskan oleh Lacan dalam teori psikoanalisis," paparnya.
 
Sembari Sujana menambahkan, DON telah menemukan frekuensinya, dengan gemilang menginsiprasi dan membiasakan energi positif di luar diri. [bbn/aga]

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami