search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Duda Timur Luncurkan Aplikasi Smart Desa
Jumat, 2 Februari 2018, 09:50 WITA Follow
image

Beritabali.com/igs

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Desa Duda Timur, Selat, Karangasem meluncurkan aplikasi Smart Desa sebagai upaya mempermudah adminitrasi kependudukan. Peluncuran aplikasi Smart Desa merupakan bentuk penerapan teknologi dalam pemerintahan desa untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga desa.

Kepala Desa Duda Timur I Gede Pawana pada keteranganya (1/2) mengungkapkan Smart Desa dirancang untuk memudahkan berbagai kepentingan warga diantaranya pengurusan surat - surat, pelaporan kejadian dan data kependudukan.

Aplikasi Smart Desa juga dilengkapi  data tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. Sebagai contoh, jika klik fitur data warga, maka akan muncul tiga klasifikasi warna yakni warna merah, ungu dan warna hijau. Warna merah menandakan warga tersebut dalam kondisi perekonomian kurang mampu.

Warna ungu sebagai tanda warga dengan kodisi perekonomian sedang dan warna hijau untuk klasifikasi warga yang perekonomiannya mapan.  "Ya selain data perekonomian juga lengkap bisa diketahui sampai KK-nya," ungkap Pawana.

Berbagai fitur lainnya juga terdapat dalam aplikasi tersebut seperti profil desa, potensi desa, berbagai info tentang segala hal yang ada di desa dan pelaporan. Jika ada sesuatu seperti mati listrik atau kejadian kriminal lainnya bisa dengan cepat dilaporkan melalui aplikasi dan langsung terhubung ke instansi terkait yang membidangi masing - masing laporan tersebut.

Pawana mengungkapkan dibutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk mengumpulkan data seperti menentukan titik - titik rumah warga dan memasukkan data dilapangan. Belum lagi, jaringan internet yang kurang stabil juga memnjadi kendala dalam merampungkan seluruh pendataan.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami