search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lomba Penjor Hias Sebagai Pelestarian Adat dan Budaya Bali
Rabu, 15 Agustus 2018, 15:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Beritabali.com.Jembrana, Bupati Artha sangat mengapresiasi atas kembali terselenggaranya lomba penjor hias antar desa / kelurahan memperingati HUT Kota Negara ke-123. Lomba penjor ini disebutnya sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya Bali. 
 
[pilihan-redaksi]
"Setiap tahun kita selalu adakan lomba penjor ini, dimana kita hanya ingin melestarikan adat dan budaya bali dan juga menggali kreatifitas  dan semangat kebersamaan di Pemkab Jembrana,” tuturnya usai meninjau lomba Senin (13/8) di Taman Pecangakan Negara. 
 
Diikuti 49 peserta dari masing-masing desa dan kelurahan di Kabupaten Jembrana, Desa Nusasari kembali meraih juara pertama mempertahankan juara tahun lalu dengan mengalahkan 48 peserta lainnya. Sedangkan juara kedua diraih Desa Mendoyo Dangintukad, sedangkan peringkat ketiga oleh Kelurahan Dauhwaru.
 
[pilihan-redaksi2]
Lomba tahun ini  turut mendapat perhatian Bupati Jembrana, I Putu Artha dan Wakil Bupati Jembrana, Made Kembang Hartawan, yang  meninjau langsung jalannya perlombaan. Sejumlah kepala OPD Pemkab Jembrana juga turut memantau langsung jalannya perlombaaan membuat penjor hias.
  
Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini proses pembuatan penjor dari awal hingga akhir tetap dinilai. Proses pembuatan pun harus dilakukan di tempat perlombaan berlangsung. Tiap sekaa terdiri dari 5 orang dari masing masing desa dan kelurahan di Jembrana. Dan peserta hanya di perbolehkan membawa sampian (hiasan pada ujung penjor) dan hiasan tambahan seperti patung styrofoam yang sudah jadi. (bbn/Jim/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami