search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
SDGs 14 Dorong Tercapainya Penangkapan Ikan Berkelanjutan
Selasa, 4 Desember 2018, 09:07 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com,Badung. Pembangunan kelautan dan perikanan yang diinspirasi oleh pembangunan berkelanjutan no 14 (Sustainable Development Goals/SDGs 14 ) harus diarahkan agar mendorong tercapainya penangkapan ikan yang berkelanjutan. 
 
[pilihan-redaksi]
Kepala Bappenas RI, Prof. Bambang PS. Brodjonegoro mengatakan untuk mencapainya, dunia riset dan akademik harus diarahkan untuk mendukung pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Kendala untuk mencapai hal ini ada pada keterbatasan dana dan kurangnya koordinasi. 
 
“Dana riset harus digunakan secara efisien, kita harus melakukan sharing resources, membangun sinergi. Koordinasi antar lembaga penelitian harus makin ditingkatkan,” jelasnya, Senin (3/12).
 
Dikatakan, bahwa sebagian besar nelayan Indonesia adalah nelayan kecil, perhatian terbesar harus diarahkan pada mereka. 
"Perhatian kepada nelayan kecil akan memungkinkan dalam sekali kayuh berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan dapat diraih. Mendorong pembangunan perikanan berkelanjutan yang terfokus pada nelayan kecil bisa mendorong pencapaian goal nomor 14 (kehidupan bawah air) dan sekaligus mencapai tujuan nomor 1 (pengurangan kemiskinan) dan tujuan nomor 2 (peniadaan kelaparan)," ujarnya.
 
[pilihan-redaksi2]
Dilanjutkan, Bappenas yang tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024 akan mendapat inspirasi dari beberapa dorongan inisiatif global dimana Indonesia juga terlibat aktif. 
 
"Inisiatif global yang menginspirasi RJPM yang akan datang adalah Sustainable Development Goals (SDGs, atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), dan Low Carbon Development Indonesia Initiative (LCDI Initiative, atau Inisiatif Pembangunan Rendah Carbon Indonesia). Khusus untuk sektor perikanan dan konservasi kelautan tujuan pembangunan nomor 14 dari SDG merupakan inspirasi utama," pungkas Brodjonegoro. (bbn/aga/rob) 

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami