search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kualitas Air Mengerikan Saat Banjir Bercampur Limbah Rumah Tangga
Senin, 10 Desember 2018, 09:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com,Denpasar. Kualitas air saat terjadi banjir yang kerap terjadi di musim penghujan di kota-kota besar dan sekitarnya dinilai sangat mengerikan karena air limbah dari masing-masing rumah tangga ikut tercampur dengan air banjir.
 
[pilihan-redaksi]
"Saat banjir air limbah rumah tangga akhirnya ikut tercampur dalam air banjir. Jadi bisa dikatakan, kita memiliki kengerian. Kita juga menghadapi kengerian, yang bisa dikatakan tidak ada dalam literatur," ungkap Dosen ITS Surabaya, Ir. Eddy Setiadi Soedjono Dipl. SE, MSc, PhD, Sabtu,(8/12) di Denpasar.
 
Dilanjutkan, hal itu disebabkan ketidakharmonisan konsep merencanakan drainase. Sebenarnya, kata dia drainase hanya untuk menampung air dari jalan saja, tetapi pada musim hujan dimasuki air dari mana-mana yang ikut masuk bercampur jadi satu ke drainase tersebut.
 
"Saat ini drainase bisa dikatakan sangat mengerikan sekali karena bukan saja air hujan yang tidak tertampung pada musim penghujan. Akan tetapi, jika dilihat saat ini hampir seluruh air limbah rumah tangga seluruhnya dibuang ke got. Ya, saat air hujan dalam banjir juga ikut bercampur dengan limbah rumah tangga yang ada di got juga akhirnya," jelasnya.
 
[pilihan-redaksi2]
Menurutnya, saat ini air limbah rumah tangga juga dibuang ke saluran got yang seharusnya hanya untuk menampung air hujan saja. Jika dibandingkan di luar
negeri, limbah rumah tangga dibuatkan saluran khusus ke pipa, jadi seandainya terjadi banjir airnya hanya berasal dari air hujan saja. 
 
"Berbeda di beberapa kota besar di Indonesia, sudah kita mendapat banjir malah kena juga kualitas air dari limbah rumah tangga juga," paparnya.
 
Maka itu, sebutnya tempat penggolahan air limbah tidak cukup hanya dimiliki di kota-kota besar di Bali saja, tetapi juga harus dimiliki di seluruh Kota besar di Bali. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami