search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
9 Titik Sirine Peringatan Tsunami di Sejumlah Pesisir Bali Berbunyi
Minggu, 27 Januari 2019, 07:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Sirine peringatan tsunami di 9 titik pesisir meliputi, daerah pesisir Seminyak, Tanjung  Benoa, Sanur, Kuta, Kedonganan, Nusa  Dua, Serangan, Seririt dan di daerah Tabanan serentak berbunyi.

Sirine Tsunami berbunyi untuk melakukan pengetesan alat Apakah masih berfungsi baik, aktif atau tidak, bersuara apa tidak, termasuk apakah ada gangguan teknis lain. "Alat sirine itu harus standby, harus dalam kondisi bagus, karena alat tersebut adalah alat sebagai tanda pemberi peringatan dini kepada masyarakat sekitar apabila terjadi bahaya Tsunami," ungkap Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, Dewa Putu Mantera, Sabtu,(26/1) di Denpasar, Bali.
 
Dilanjutkan, sampai saat ini masyarakat di sekitar alat deteksi peringatan Tsunami telah mengetahui sebelumnya jika berbunyi setiap pengetesan  sirine  dimulai sudah diberi tahu sebelumnya sehingga masyarakat di sekitar sudah mengetahui hal itu hanya untuk testing saja.
 
"Beberapa  hotel di sekitar juga sering  menggunakan untuk gladi kesiap siagaan. Jadi dengan ini semua, daerah-daerah dapat dikurung  oleh sirine yang akhirnya akan membuat lebih  safety lagi," paparnya.
 
Dikatakan, sirine Tsunami di 9 titik dibunyikan rutin setiap tanggal 26 jam 10 pagi. Setiap tanggal tersebut dilakukan testing karena, pada tanggal 26 tersebut memperingati kejadian Tsunami Aceh.
 
"Kita tes di 9 titik, guna meningkatkan  kesiapsiagaan  bencana. Khususnya,  terkait  bencana  Tsunami  di  Bali. Terutamanya masyarakat Bali di sekitar pesisir. Setiap taggal 26 dilakukan karena, memperingati  kejadian  Tsunami  Aceh," katanya.
 
Dirinya menambahkan, adapun kendala sampai saat ini yang dihadapi BPBD yaitu, terkait jumlah sirine masih terbatas dan butuh  penambahan di beberapa  titik lagi di Bali.
 
 
Hal tersebut telah diusulkan sebanyak 10 unit sirine baru lagi ke  pusat untuk nantinya akan ditempatkan di beberapa titik di Bali dimana denah untuk pemasangan baru nantinya sudah tersedia. 

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami