search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Musrenbang RKPD Abiansemal, Tahun 2020 Prioritaskan RS Tipe C dan Sekolah SMA
Rabu, 13 Februari 2019, 20:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Pemerintah Kecamatan Abiansemal melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kecamatan, Rabu (13/2) di Aula Kantor Camat Abiansemal. 
 
[pilihan-redaksi]
Musrenbangcam dibuka Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya didampingi Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya. Musrenbang diikuti DPRD Bali IB Pada Kusuma, anggota DPRD Badung asal Abiansemal, Perangkat Daerah terkait, para Perbekel dan PKK. 
 
Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya mengatakan, sebelum Musrenbangcam ini digelar, telah dilaksanakan beberapa tahapan. Mulai dari menggali potensi dan prioritas usulan dari 18 Desa di Kecamatan Abiansemal sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa masing-masing. 
 
"Ada beberapa prioritas yang tidak bisa dilaksanakan oleh desa, ini yang kita coba kemas di kecamatan menjadi prioritas dan program kegiatan di kecamatan abiansemal," terangnya. 
 
Untuk kegiatan pembangunan di Abiansemal akan diprioritaskan yang pertama, pada Puskesmas Abiansemal I menjadi Rumah Sakit tipe C. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan yang cepat bagi masyarakat sekaligus mendukung pelayanan dari RS Mangusada. Kedua, yaitu prioritas pembangunan sekolah SMP di wilayah Desa Abiansemal dan sekolah SMA di wilayah JAS (Jagapati, Angantaka, Sedang). Dan ketiga, juga diprioritaskan pengembangan desa wisata seperti di Desa Sangeh dan Bongkasa Pertiwi. 
 
Lebih lanjut dijelaskan, pada Musrenbangcam kali ini jumlah kegiatan yang diusulkan untuk program pembangunan 2020 sebanyak 292 usulan dengan nilai Rp. 2,1 triliun lebih. Terbagi menjadi empat kegiatan yaitu; kelompok ekonomi dan sumber daya alam dengan usulan 57 kegiatan, nilai Rp. 133 M lebih. 
 
Kelompok sarana prasrana wilayah, usulan 157 kegiatan, nilai Rp. 1,9 triliun lebih. Kelompok sosial dan budaya 8 kegiatan dengan nilai Rp. 5,6 M lebih dan Kelompok pengembangan sumber daya manusia 70 kegiatan dengan nilai Rp. 82 M lebih. "Semua usulan tersebut tidak terlepas dari upaya untuk membangun Badung dari pinggiran, dimana luas Kecamatan Abiansemal 69,01 km2, dengan jumlah penduduk 91.073 orang," jelasnya. 
 
Kepala Bappeda Wira Dharmajaya mengatakan, Musrenbangcam ini merupakan sebuah wadah bersama untuk menentukan kematangan dan kemantapan usulan kegiatan yang nantinya akan dimanfaatkan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD dan rencana kerja perangkat daerah secara berkesinambungan dan terintegrasi. 
 
[pilihan-redaksi2]
Melalui forum tersebut, ia mengajak dan membuka ruang komunikasi antar stakeholder pembangunan agar bersama-sama memadukan pikiran untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan di desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan. 
 
 
Dijelaskan, fokus perencanaan pembangunan tahun 2020 diarahkan dalam pencapaian tema dan prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan pada rancangan RKPD tahun 2020 yaitu; "peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kualitas SDM melalui inovasi pelayanan dasar dan infrastruktur berwawasan lingkungan", dengan 9 prioritas pembangunan. "Tema dan prioritas pembangunan tersebut merupakan penjabaran dari RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung periode tahun 2016-2021," terangnya. 

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami