search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tabanan Akan Bubarkan 99 Koperasi
Kamis, 12 September 2019, 23:35 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Beritabali.com, Tabanan. Sebanyak 99 koperasi pada 2019 rencananya akan dibubarkan oleh Dinas Koperasi Tabanan. Pembubaran koperasi rencanya akan diumumkan pada September 2019. Koperasi tersebut karena sakit dan lama tidak bangkit. 
 
[pilihan-redaksi]
Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Tabanan, Ni Nyoman Yudiani mengatakan rencananya tahun 2019 sebanyak 99 koperasi akan dibubarkan. Penguman pembubaran koperasi ini rencanya akan diumumkan bulan September. 
 
"Tahun kemarin kami sudah ajukan ke Kementerian Koperasi untuk pembubaran 38 koperasi tidak aktif, namun Surat Keputusan (SK) nya belum keluar hingga saat ini. Tahun ini hal sama juga akan dilakukan, dan prosesnya sedang berjalan pada tahapan pengumuman rencana pembubaran pada September ini," ungkapnya, Kamis (12/9). 
 
Dikatakan, jumlah koperasi yang rencana dibubarkan tersebut, sebelumnya sudah mendapat pendampingan dari dinas untuk diupayakan bangkit kembali atau sehat. Dari upaya pendampingan tersebut ada beragam respon, ada koperasi tidak rela masuk dalam daftar koperasi yang rencana dibubarkan, ada pula koperasi yang rela untuk rencana dibubarkan. "Tetapi nanti kami beri batasan target Desember 2019 untuk bisa bangkit kembali," tegasnya. 
 
 
[pilihan-redaksi2]
Menurut Yudiani dalam pembubaran koperasi ini pihaknya melakukan secara detail dan hati-hati dengan berpedoman pada aturan yang ada agar koperasi yang nanti diusulkan dibubarkan ke Kementerian Koperasi adalah koperasi yang memang benar-benar aman (tidak sedang bermasalah dengan nasabah) dan proses pembubaran memenuhi aturan yang ada. "Jadi dalam pembubaran ada kroscek," tegasnya. 
 
Sementara itu, data per Juli 2018 di Dinas Koperasi Kabupaten Tabanan tercatat mengantongi jumlah koperasi mencapai 580. Dari jumlah tersebut koperasi berstatus aktif mencapai 410, sedangkan yang tidak aktif mencapai 170 koperasi. (bbn/tab/rob)

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami