search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Tips Jitu Agar Usaha Berumur Panjang Ala Joger
Sabtu, 9 November 2019, 08:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Meski persaingan ketat, agar kelangsungan usaha mampu bertahan lama, pelaku usaha perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari berlaku wajar, memiliki niat baik serta yang terpenting tetap bersyukur.

[pilihan-redaksi]
Hal itu disampaikan, Owner Pabrik Kata-Kata Joger, Joseph Theodorus Wulianadi alias Mr. Joger di Kuta, Kabupaten Badung belum lama ini.

"Berlaku wajar, yang mana wajar tersebut sama dengan optimal. Bukan maksimal, serta bukan juga minimal atau jangan pernah mentang-mentang juga. Ya, cukup yang wajar-wajar saja. Atau ketika kaya jangan mentang-mentang kaya dan ketika miskin jangan juga mentang-mentang miskin," jelasnya.

Ia melanjutkan jangan sampai pelaku usaha sampai tidak memiliki bobot pendirian. Selain itu, perlu ada peningkatan literasi dan SDM juga, sehingga tidak menjadi robot.

"Jangan sampai menjadi SDM yang boneka, dalam artian seperti robot yang tidak memiliki pengetahuan dan ilmu, tidak memiliki 'bargaining power' yang cukup juga," ujarnya.

Disamping itu, kata dia, tetap bersyukur karena tidak ada gunanya jika tidak pernah bersyukur.

"Tidak hanya bagi para pelaku usaha saja, akan tetapi jika semua orang melakukan fungsi dan profesinya secara baik dan benar serta secara profosional. Kemudian wajar, adil, beradab, bermoral, beretika profesional, merdeka serta optimal. Maka saya yakin, tidak akan ada orang yang miskin di negeri ini," katanya.

Selain itu Mr. Joger menambahkan, adapun syarat-syarat mutlak yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu itikad niat yang benar-benar baik, lebih baik serta terbaik. Akan tetapi, lanjutnya, bukan niat yang terlalu baik terlebih niat yang terlalu tidak baik juga.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami