search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cerita Legenda Putri Mandalika Menuju Even Internasional MotoGP
Jumat, 14 Februari 2020, 23:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Kecantikan Putri Mandalika yang tersohor hingga seantero kerajaan yang ada di Gumi Sasak, tidak hanya ada di dalam kisah legenda Putri Mandalika. 

[pilihan-redaksi]
Kisah yang menggambarkan seorang putri Raja Tunjung Biru yang rela berkorban demi menjaga harmoni dan kerukunan Gumi Sasak. Demi menghindari peperangan maha dahsyat dari para putra mahkota puluhan kerajaan di Lombok saat itu. 

Para putra mahkota mabuk asmara karena terpikat kecantikan sang Putri, dan ingin mempersunting menjadikannya permaisuri. 
Di dalam sebuah sayembara di pantai Seger Kuta Mandalika, Kuta Lombok Tengah, pada tanggal 20 malam bulan purnama ketujuh berdasarkan perhitungan kalender Sasak. 

Dihadapan para putra mahkota kerajaan dan rakyatnya, dikisahkan Putri Mandalika justru mengumumkan dirinya untuk tidak memilih siapapun. Diantara para pangeran yang gagah perkasa. Namun justru menceburkan diri ke laut.  

Dan dalam hitungan menit Putri Mandalika hilang, bersama deburan birunya kilau gelombang yang disinari bulan purnama. Para pangeran dan rakyat pun berlarian turun ke pantai. Untuk mencari sang putri. Namun hingga menjelang subuh, sang putri tidak kunjung ditemukan. 

Tapi yang muncul hanyalah ribuan cacing warna warni yang disebut Nyale. Sejak peristiwa itulah, kemudian setiap tahun rakyat Gumi Sasak mengenangnya sebagai legenda Putri Nyale. Dan kini secara rutin berdasarkan kalender Sasak, di pantai Seger Kuta Mandalika Lombok tengah NTB, selalu dilaksanakan prosesi peringatan yang kini dikemas ke dalam festival Bau Nyale, yang puncaknya berlangsung Jumat (14/2). 

Festival ini dimulai dari tanggal 8 Februari 2020. Nilai penting dari legenda ini, betapa tingginya budi baik Sang Putri yang ingin menjaga kedamaian, kelestarian dan kerukunan negerinya. Dengan mengesampingkan kepentingan cintanya. Budi baik dan kecantikan Putri Mandalika ternyata tidak hanya ada dalam legenda. Tetapi lokasi kisah itu terjadi yaitu di pantai Seger Kuta Mandalika Lombok tengah, kini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang memikat decak kagum jutaan manusia dari seantero dunia. 

Mereka berlomba datang ke kawasan itu, hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam dan pesonanya. Di kawasan yang meliputi luas 1.200 hektar itu, saat ini sedang dibangun sirkuit MotoGP terindah di dunia. Dengan view pantai berpasir putih, bak butir mutiara dan merica. 

Dorna, bos perhelatan balap motor skala dunia yang sudah dua kali berkunjung ke Kuta Mandalika Lombok tengah, menyebutnya sirkuit Mandalika sebagai impian masa depan pembalap dunia. Saking indah dan paling unik di dunia. Di tahun 2021 mendatang, even internasional MotoGP yang paling digemari kaum milenial, sudah akan digelar untuk pertama kalinya. 

Di sirkuit terindah dunia, di wilayah kerajaan legenda Putri Mandalika itu. Bukan hanya keindahan alamnya yang menjadi pusat wisata dunia. Sehingga akan membuka jutaan kesempatan kerja. Dan bangkitnya berbagai industri pendukung pariwisata. Tetapi juga tetap terjaganya nilai-nilai sosial dan budaya. Serta makin terbukanya kesempatan generasi pewaris budaya Sasak untuk mengembangkan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal.

Indonesian Tourism Development Coorporation (ITDC) selaku pengembang KEK Mandalika, mulai tahun 2019 lalu telah mengoperasikan Bazaar Mandalika UMKM. Menurut ITDC Operation Head Mandalika, Parawijaya, kedepannya ITDC  akan berupaya membuat standarisasi produk. Agar bisa dipasarkan lebih luas. Mengingat ke depannya sangat menjanjikan dengan gelaran MotoGP.


"Diperkirakan jumlah penonton MotoGP akan mencapai 150 ribu orang dari seluruh penjuru dunia," jelas Parawijaya, di acara  'Creative Dialog dan Mandalika Fashion, di Kuta Beach Park, KEK Mandalika, Rabu (12/2) lalu.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami