search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
WhatsApp Kini Punya Fitur Layanan Pembayaran Digital
Jumat, 19 Juni 2020, 13:25 WITA Follow
image

bbn/thenextweb.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Dirilis pada Senin, 15 Juni 2020 untuk penggunanya di Brasil, aplikasi layanan pesan WhatsApp resmi meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang kepada individu atau bisnis lokal melalui obrolan, dengan melampirkan pembayaran seperti foto atau video.


[pilihan-redaksi]
Alasan aplikasi besutan Facebook itu meluncurkan fitur itu di Brasil, karena memiliki lebih dari 120 juta pengguna individu, pasar terbesar kedua setelah India. 

 

"WhatsApp sangat banyak digunakan di sana, baik oleh orang-orang maupun usaha kecil," kata Matt Idema, chief operating officer WhatsApp, seperti dikutip Reuters, Senin, 15 Juni 2020 oleh Tempo.co.


WhatsApp sebelumnya telah menguji sistem pembayaran di India mulai tahun 2018. Sementara peluncuran di Brasil akan menjadi peluncuran nasional pertama dan akan mengenalkan kemampuan untuk langsung membayar dalam sebuah bisnis.


Banyak usaha kecil di Brasil sudah menggunakan WhatsApp sebagai alat pemasaran untuk menjawab pertanyaan atau mengirim katalog. "Kami pikir kami bisa membantu menumbuhkan pembayaran digital, menumbuhkan ekonomi digital dengan usaha kecil, dan mendukung inklusi keuangan," ujar Idema.


Sedangkan Chief Exsecutive Officer Facebook Mark Zuckerberg menerangkan pada bulan April bahwa perusahaan itu akan memperluas alat untuk bisnis di WhatsApp. Peluncuran di Brasil juga sudah lama direncanakan, dan dapat membantu pengguna yang tutup selama pandemi Covid-19.


"Kami tidak dapat memiliki jenis interaksi satu sama lain seperti biasanya, jika Anda ingin meminjamkan seseorang uang tunai atau jika Anda ingin membeli sesuatu dari bisnis lokal," kata dia.


Sistem pembayaran akan menggunakan Facebook Pay dan gratis untuk pengguna individu, sementara membebankan biaya pada perusahaan yang menerima pembayaran.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami