search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Antisipasi Klaster Liburan, Ini Imbauan Tim Epidemiologi Unud
Jumat, 23 Oktober 2020, 15:15 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Tim Epidemiologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana (Unud) menyimpulkan terjadi korelasi kuat antara meningkatnya mobilitas dengan peningkatan kasus Covid-19 di Bali terutama pada saat liburan panjang pada September 2020 lalu.

dr. I Made Ady Wirawan, MPH, PhD selaku Ketua Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Udayana dan bagian tim Epidemiologi FK Unud dalam analisisnya saat liburan panjang di Bali pada awal bulan September 2020 lalu menyimpulkan terjadi korelasi kuat antara tren peningkatan pergerakan masyarakat dengan peningkatan kasus Covid-19 di Bali. Sehingga, kata dia, liburan panjang ini sebaiknya diantisipasi dengan baik. 

"Sebaiknya tidak berkunjung ke tempat yang ramai, atau kalau harus atur waktunya. Dan upayakan ruang terbuka, serta tetap ketat dengan penerapan protokol kesehatan," sebutnya, saat dikonfirmasi, Jumat (23/10/2020).

Jika memilih liburan, ia menganjurkan untuk hanya dengan orang yang tinggal serumah saja, yang sifatnya "staycation" tidak banyak aktivitas dengan anggota keluarga lain. Ia mengatakan lonjakan kasus akibat meningkatnya mobilitas masyarakat bisa diantisipasi dengan regulasi pemerintah terkait penerapan protokol dan jam operasi di tempat-tempat wisata, termasuk lebih mengutamakan tempat terbuka dengan sirkulasi baik.

Termasuk, imbuhnya, pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di tempat yang berpotensi keramaian dan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk bersama-sama memutus rantai penularan Covid-19.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami