search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Buku Strategi Pembangunan Bali Pasca-Pandemi Diserahkan ke DPP Partai Golkar
Selasa, 10 November 2020, 20:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ketua DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry menyerahkan buku yang merupakan hasil dari kegiatan virtual focus group discussion (FGD) dan webinar DPD Golkar Bali bertajuk “Strategi Operasional Pembangunan Ekonomi Bali Pasca Pandemi Covid 19” kepada Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurdin Halid.

Penyerahan itu bertepatan dengan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) DPD Partai Golkar yang diadakan di Sanur, Denpasar, Selasa (10/11/2020). Sugawa Korry mengatakan, selama masa pandemi, DPD Partai Golkar dengan seluruh jajaran kader di Kabupaten dan Kota sampai kader-kader di pelosok desa untuk bergerak bersama membantu pemerintah daerah dan masyarakat mengatasi dampak covid-19 melalui karya nyata.

Hal ini diwujudkan seperti memberikan bantuan 100 ribu masker, 10.000 botol sanitizer, tangki-tangki air untuk mencuci tangan dan
1.000 kantong darah untuk PMI, sosialisasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat, dan lain-lain.

Di samping itu, lanjutnya, Golkar Bali juga menyumbang karya nyata dalam bentuk konseptual atau sumbangan pemikiran untuk menjawab permasalahan pembangunan Bali di bidang ekonomi pasca covid-19. Buku yang tersebut merupakan hasil kegiatan virtual focus group
discussion (FGD) dan webinar bertajuk “Strategi Operasional Pembangunan Ekonomi Bali Pasca Pandemi Covid 19” pada beberapa waktu lalu.

"Selain dibagikan ke DPP Golkar, kami juga akan membagikannya ke Gubernur Bali dan sebelumnya ke DPD tingkat I dan II," katanya. 

Dimana, diakuinya dalam desertasi buku tersebut dirumuskan dari sejumlah pakar akademisi atau guru besar yang terdiri dari sejumlah perguruan tinggi. Dalam isi buku tersebut dipaparkan bagaimana struktur pertumbuhan ekonomi Bali yang awalnya didominasi sektor primer kemudian dalam perkembangannya mengarah ke dominasi sektor tersier yakni dalam bentuk sektor jasa pariwisata.

Sektor tersebut dinilai sangat rentan terhadap isu dan krisis seperti krisis 1998, teroris dan kini Covid-19. Selain menawarkan solusi jangka pendek dalam menggerakkan ekonomi Bali pasca Covid, dalam perumusan buku tersebut juga menyajikan solusi jangka panjang perekonomian Bali yang harus diseimbangkan dengan mengembangkan sektor pertanian.

Sementara itu, Nurdin Halid menyambut baik buku yang merupakan hasil rumusan kegiatan Golkar Bali dalam upaya mengatasi Covid-19. Hal ini sesuai dengan arahan dari Ketua Umum Golkar yakni Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Perekonomian RI.  

Selain sumbangsih dalam bentuk buku, Golkar Bali juga meluncurkan program Bali Entrepreneur Academy untuk mendorong masyarakat terdampak Covid-19 yang banyak mengalami PHK menjadi wirausaha dan program petani muda keren untuk memotivasi generasi muda bergerak di sektor pertanian.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami