search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BPBD Gianyar Robohkan Warung Pakan Ternak di Pinggir Jalan
Sabtu, 23 Januari 2021, 14:50 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar merobohkan sebuah warung pakan ternak di pinggir jalan Banjar Gelgel Desa Keramas Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (23/1). 

Kondisi warung awalnya nyaris roboh karena sehari sebelumnya tertimpa tanah longsor. Warung milik Nyoman Terum ini akhirnya disepakati untuk dirobohkan menggunakan alat berat karena membahayakan pengguna jalan. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta seijin Plt Kepala BPBD Gianyar Ngakan Dharma Jati mengatakan, pemilik warung sudah membuat surat pernyataan merelakan warung, tembok penyengker dan dapurnya dirobohkan pascalongsor. 

"Dengan pertimbangan bahwa bangunan warung di Br Gelgel Keramas ini membahayakan pengendara bermotor, maka atas persetujuan pemilik, bangunan dirobohkan oleh TRC BPBD Gianyar," jelasnya. 

Longsor yang menyebabkan kerusakan warung ini terjadi akibat hujan lebat sejak Kamis (21/1) pukul 21.30 WITA. "Mengakibatkan warung depan rumah tergerus. Laporan masuk ke BPBD pukul 22.30 WITA dan langsung ke TKP," jelasnya. 

Setelah pemilik bersedia warungnya dirobohkan, TRC bergerak menggunakan alat berat. Hal ini dilakukan, karena jika mengerahkan tenaga manual dikhawatirkan akan justru membahayakan. 

"Pukul 09.00 WITA kita mulai robohkan, dengan bantuan alat berat. Karena posisinya cukup miring dan tinggi," imbuhnya. 

Atas kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai Rp 85 juta. "Kita mengerahkan anggota TRC BPBD Gianyar, beserta armada dan perlengkapan untuk melakukan penanganan," jelasnya. 

Sekitar Pukul 10.30 WITA bangunan roboh yang tertimpa senderan sudah dapat ditangani. "Saat ini dari pihak pemilik bangunan sudah bisa dan aman untuk melakukan pembersihan dari sisa material bangunan," jelasnya.

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami