search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puskesmas, SPBU, dan Kawasan MotoGP Mandalika Kebanjiran Akibat Hujan Lebat
Minggu, 31 Januari 2021, 09:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Hujan lebat mengguyur wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, Sabtu (30/1) malam. Wilayah Sekotong tepatnya di Desa Eyat Mayang, Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, kembali terjadi banjir. 

Kantor Desa dan Puskesmas yang ada di wilayah tersebut terkena dampak banjir. Atap area parkir Puskesmas juga ikut rusak. Di wilayah Lombok Tengah, termasuk Kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika ikut tergenang banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu sore.

Pada video yang beredar, masyarakat Desa Kuta Kecamatan Pujut, berteriak minta tolong karena air sudah mulai menggenangi rumah mereka setinggi lutut. Kantor pelaksana proyek Sirkuit MotoGP yakni PT PP (persero) depan sirkuit pun ikut tergenang air.

Adapun dusun di wilayah Lombok Tengah yang banjir akibat hujan deras Sabtu sore yakni dusun Mate, dusun Merendeng, dusun Mong 2, dusun Mengalung, Dusun Kuta 2, Dusun Kuta 1, dusun Rangkap 1, dusun rangkap 2, dusun Ujung lauk, Relokasi HPL, Kuta 3, Ketapang, Mong 2, Ujung Daye, Baturiti, dan dusun Bunut/Lokasi Sirkuit MotoGP Mandalika.

Informasi di lapangan menyebutkan, hampir semua Dusun yang ada di Kuta Lombok Tengah terkena banjir. Hanya Dusun Lenser yang tidak karena posisi di atas bukit. 

Dusun yang masuk kawasan Sirkuit MotoGP yang terkena banjir seperti Dusun Ujung Bunut, Ujung Bunut Daye, Dusun Rangkap Dua lokasi SPBU pun terendam. 

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah, Ridwan Mahruf mengatakan, pihaknya sedang mendata berapa jumlah rumah dan jiwa terdampak banjir di wilayah Lombok Tengah.

"Kita ada di lokasi semalam dan melakukan evakuasi," kata Ridwan Mahruf, Minggu (31/1). 

Akibat hujan deras Sabtu sore hingga malam, di wilayah Sembalun Lombok Timur juga terjadi longsor tebing hingga menutupi sebagian ruas jalan.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami