search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sikapi Video Viral Dugaan Penistaan Agama Hindu, FKUB Gianyar Ajak Ikuti Koridor Hukum
Minggu, 18 April 2021, 19:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Gianyar Ida Bagus Made Viprajana mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar termasuk lintas agama menyelesaikan kasus penistaan agama ini melalui koridor hukum. 

Meski pihaknya tak menampik viralnya video dugaan pelecehan kepada Agama Hindu telah menimbulkan keresahan tidak hanya di kalangan Umat Hindu tetapi seluruh umat beragama lintas agama. 

Diungkapkannya, video dugaan pelecehan Agama Hindu tersebut tentu menganggu semangat kerukunan beragama.  

Selama ini, semua umat beragama telah memperjuangkan terwujudnya kerukunan umat beragama. Ida Bagus Viprajana mengharapkan video viral dugaan pelecehan Agama Hindu ini tidak memengaruhi keharmonisan antar umat beragama yang sesungguhnya sudah terjalin dengan baik. FKUB mengajak terkhusus semua saudara umat Hindu agar tidak terpancing emosi.

"Kami mengajak semua lintas agama menyikapi masalah dugaan pelecehan Agama Hindu dengan menempuh jalur-jalur komunikasi dan koordinasi sesuai koridor hukum," ujarnya, Minggu (18/4).

Seluruh komponen mesti mempercayakan kepada pihak kepolisian yang sudah pasti menegakan hukum dengan sebaik baiknya.

Kemudian seluruh umat beragama baik, umat Hindu, Muslim, Kristen, Katolik, Budha dan Konghucu di Kabupaten Gianyar diajak bersama-sama secara aktif menjaga toleransi antar umat beragama. 

"Ini mesti kita jaga dan rawat sehingga Gianyar menjadi wilayah yang kondusif," ucapnya.

Ida Bagus Made Viprajana menambahkan kejadian video viral dugaan pelecehan Agama Hindu ini bisa menjadi momentum seluruh umat beragama secara bersama lebih mawas diri dan menjunjung tinggi toleransi keharmonisan. 

"Ini untuk terwujudnya kerukunan demi menuju Gianyar aman dan semoga semangat Bhineka Tunggal Ika selalu menjiwai NKRI," ujarnya.

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami