search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gepeng Kembali Mencuat, Dinsos Karangasem Usul Pemberian Sanksi Adat
Senin, 26 April 2021, 17:55 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Persoalan gepeng belakangan ini kembali mencuat di Bumi Lahar. Beberapa waktu lalu, sejumlah daerah bahkan sempat juga memulangkan puluhan gepeng yang kedapatan beraksi di luar  Kabupaten Karangasem.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karangasem, I Gede Basma saat ditemui Senin (26/04/2021) membenarkan prihal pemulangan puluhan gepeng tersebut ke kabupaten Karangasem.

"Ya memang benar beberapa waktu ini ada pemulangan gepeng dari beberapa Kabupaten, saat ini kita masih upayakan untuk mencarikan solusi seperti memberikan keterampilan agar mereka tidak turun lagi menjadi gepeng," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, untuk merubah kebiasaan tersebut bukanlah pekerjaan mudah, hal ini dikarenakan mereka yang menjadi gepeng bisa mendapatkan penghasilan lebih dari pada bekerja sebagai buruh harian, sehingga untuk mengatasi masalah tersebit tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saha melainkan diperlukan peran kerja sama semua pihak.

"Cukup sulit untuk merubah mindset mereka, karena sudah terbiasa seperti itu, sehingga tidak mau bekerja. Untuk sementara sambil mencari solusi kita ajarkan mereka keterampilan - ketrampilan," terang Basma.

Disamping memberikan keterampilan, pihak Dinas Sosial juga berencana akan berkoordinasi dengan pihak Desa Adat setempat untuk membuat semacam sanksi adat sebagai efek jera agar nantinya tidak menggepeng kembali.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami