search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Makanan Yang Bisa Kurangi Masalah Perut Kembung
Rabu, 21 Juli 2021, 15:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Makanan Yang Bisa Kurangi Masalah Perut Kembung

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Setiap orang pasti pernah merasakan perut kembung, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Perut kembung bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi.

Masalah kembung ini bisa berdampak pada masalah kesehatan lainnya, salah satunya membuat perut mual sampai muntah.

Menurut ahli diet dari Culina Health Meredith Rofheart, RD, masalah perut kembung bisa terjadi karena tumpukkan gas dan sembelit.

Selain itu, kembung juga dihubungkan adanya rasa stres, retensi cairan, motilitas lambung disfungsional, dan gangguan pencernaan.

Berikut ini adalah deretan makanan dan minuman yang dapat mengatasi masalah perut kembung seperti yang dikutip dari Live Strong, Rabu (21/7/2021).

Jahe

Jahe bisa merangsang motilitas dan mengatasi sembelit. Hal ini diungkap lewat studi pada Mei 2018, yang terbit di Scientific Reports. Disebutkan, kapsul jahe secara signifikan dapat mengurangi distensi perut pada orang yang usai menjalani operasi caesar.

Air mineral

Air mineral sangat penting untuk kesehatan. Bahkan, air mineral bisa mencegah kembung sekaligus membantu masalah pencernaan. Air mineral juga bisa membuat tubuh lebih terhidrasi, yang memuat air jauh lebih baik dibanding soda yang bisa memperburuk kesehatan.

Nanas

Buah nanas memiliki kandungan enzim yang disebut bromelain yang bisa membantu merawat pencernaan. Senyawa ini digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati gangguan pencernaan dan peradangan.

Pepaya

Pepaya memiliki enzim yang sama dengan buah nanas yang bisa atasi masalah pencernaan. Selain itu, buah pepaya juga bisa menyembuhkan luka sekaligus mengatasi masalah kembung.

Kiwi

Buah tropis yang kaya akan potasium dan elektrolit ini dapat membantu mengurangi rasa kembung di perut. Selain itu, senyawa kiwi yang disebut actinidin dikatakan bisa mengurangi masalah pencernaan.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami