search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Gunung Api Status Waspada dan Siaga di Indonesia
Minggu, 5 Desember 2021, 13:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Gunung Api Status Waspada dan Siaga di Indonesia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Selain Gunung Semeru yang erupsi, ada sederet gunung api berstatus waspada dan siaga di Indonesia bisa Anda lihat di artikel ini.

Hal ini rasanya perlu kami sampaikan agar masyarakat juga senantiasa waspada. Meski demikian, hal ini juga tanpa bermaksud menakut-nakuti, karena kewaspadaan memang harus selalu dijaga agar bisa melakukan hal yang cepat dan tepat saat ada kondisi darurat.

Daftar Gunung Api Berstatus Waspada dan Siaga di Indonesia

Gunung Merapi

Jadi salah satu gunung yang paling aktif di dunia, Gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah berstatus siaga. Warga juga diimbau tidak melakukan kegiatan apapun pada radius 3 kilometer dari puncak. Untuk wisatawan, radiusnya adalah 5 kilometer.

Gunung Sinabung

Berdasarkan pada laporan di situs magma.esdm.go.id, gunung ini juga masuk dalam status siaga dengan level III. Sama dengan gunung Merapi, radius aktivitas warga adalah di luar 3 kilometer, dan 4 dan 5 kilometer untuk aktivitas wisata.


Gunung Ile Lewotolok

Berada di kawasan Nusa Tenggara Timur, gunung yang satu ini juga berstatus siaga level III. Dalam radius 3 kilometer dari puncak, warga disarankan tidak melakukan aktivitas. Secara spesifik hal in juga ditujukan untuk masyarakat di desa Jontona yang memiliki risiko bahaya longsoran materi.

Gunung Ile Werung

Gunung ini sendiri berstatus waspada level II, dengan laporan di situs yang sama menuliskan gunung terlihat jelas, tidak ada asap kawah, angin lemah ke arah barat pada laporan yang disampaikan baru-baru ini (Minggu, 5 Desember 2021).

Gunung Sangeang Api

Serupa dengan status gunung Ile Werung, Gunung Sangeang Api juga memiliki status waspada level II. Statusnya adalah terlihat jelas dengan sedikit kabut, tidak ada asap kawah, cuaca terpantu berawan dengan prediksi hujan, dan angin lemah ke arah timur dan tenggara.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami