search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sajian Kaya Rempah Khas Bali, Ayam Betutu yang Rasanya Nendang
Senin, 10 Januari 2022, 11:30 WITA Follow
image

bbn/Detik.com/Sajian Kaya Rempah Khas Bali, Ayam Betutu yang Rasanya Nendang

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Bali selain dikenal memiliki banyak destinasi wisata juga dikenal punya banyak ragam sajian kuliner yang menggugah selera. Salah satu kudapan yang cukup terkenal adalah Ayam Betutu. Makanan sudah sangat ikonik di Bali.

Makanan ini juga dapat ditemukan di hampir semua rumah makan di Bali. Melalui campuran bumbu yang khas bali, makanan ini memiliki rasa guruh yang amat kuat. tidak lengkap rasanya jika belum mencoba sajian ini di Bali.

Bahan yang diperlukan untuk membuat ayam betutu terdiri dari satu ekor ayam atau bebek yang sudah dibersihkan bagian dalamnya. untuk bumbu ada bumbu genep, bumbu wewangenan, garam, dan minyak kelapa. 

Bumbu genep merupakan bumbu khas Bali yang terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa. Sedangkan bumbu wewangenan terdiri dari merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.

Dengan segala macam bumbu yang ada, makanan ini memberi rasa yang unik dan berbeda dari yang lain. Dalam keseharian Ayam Betutu juga kerap disajikan saat hari raya atau upacara adat masyarakat Bali. 

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami