search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tips Membuat Resume Java Developer di Perusahaan Startup
Rabu, 19 Januari 2022, 15:10 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Tips Membuat Resume Java Developer di Perusahaan Startup.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Banyak orang yang menginginkan bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi sebagai Java developer. Untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut, Anda harus mampu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. 

Jika Anda tertarik untuk melamar pekerjaan, salah satu yang harus dipersiapkan adalah resume Java developer.

Membuat Resume untuk Java developer

Membuat resume tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Melamar pekerjaan di perusahaan startup tetap saja membutuhkan keseriusan. Perusahaan akan dapat melihat kapasitas Anda dari resume yang dibuat. 

Oleh karena itu, jika Anda belum mengetahui bagaimana cara untuk membuat resume yang bagus maka bisa memanfaatkan contoh yang ada.

Persaingan dalam dunia kerja juga sangatlah tinggi. Jika resume yang dibuat tidak memberikan kesan yang menarik untuk perusahaan, tentu perusahaan tersebut lebih mudah tertarik dengan resume lain yang lebih profesional.

Di dalam contoh resume Java developer, Anda dapat melihat contoh bagaimana cara penulisan yang tepat dan apa saja yang harus dimasukkan dalam resume tersebut. Berikut ini ada beberapa tips menarik yang bisa diikuti agar Anda membuat resume berkualitas sehingga terkesan profesional:

1. Membuat Format yang Menarik

Java developer merupakan sebuah pekerjaan yang sangat bergengsi. Java menjadi istilah pemrograman tingkat tinggi dalam mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai macam situs atau aplikasi yang sangat kompleks.

Pemrograman menggunakan Java ini hanya dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan teknis yang tinggi. Anda bisa bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang sangat tinggi.

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat resume Java developer adalah menentukan formatnya terlebih dahulu. Format sangat berpengaruh terhadap kesan Anda sehingga perusahaan akan membuat pertimbangan serius dengan lamaran yang Anda buat.

Terdapat beberapa pilihan pemformatan yang bisa dipilih jika ingin membuat resume berkualitas. Beberapa jenis pemformatan tersebut diantaranya:

Pemformatan Kronologis

Pemformatan pertama yaitu pemformatan kronologis. Artinya, resume yang dibuat mencantumkan berbagai macam pengalaman kerja dengan kronologi yang dibalik. Pengalaman kerja yang terbaru harus diletakkan di bagian atas menyusul pengalaman kerja yang sebelumnya.

Pemformatan Fungsional

Bagi yang pengalamannya tergolong masih sedikit, bisa memilih format ini untuk menonjolkan pengetahuan yang dimiliki.

Pemformatan Kombinasi

Latar belakang yang bagus bisa ditonjolkan apabila Anda menggunakan format kombinasi. Format ini sering kali dipilih karena bisa menyampaikan pengalaman dan juga kemampuan dalam bentuk yang menarik.

Anda tinggal memilih salah satu dari pemformatan yang telah disebutkan diatas sesuai dengan spesifikasi yang Anda miliki.
Kini membuat resume semakin mudah karena tersedia banyak pilihan template menarik. Dengan memanfaatkan template, Anda tidak perlu merasa bingung tentang apa saja yang harus dimasukkan di dalam resume.

Anda bisa memilih template dengan desain sederhana akan tetapi mampu menyampaikan informasi dengan kualitas yang bagus. Perusahaan akan sangat tertarik dengan kualifikasi yang dimiliki apabila Anda menuliskan dalam resume profesional.

2. Memasukkan Informasi Penting dalam Resume Java Developer

Setelah mengetahui tentang pilihan pemformatan, selanjutnya ada juga harus mengetahui tentang apa saja yang harus dimasukkan dalam resume tersebut.

Dalam resume Java developer, hal pertama yang harus dimasukkan adalah judul terlebih dahulu. Selanjutnya Anda harus memasukkan rangkuman profesional secara ringkas namun berisi.

Di dalam resume untuk Java developer, Anda juga harus memasukkan pengalaman kerja secara lengkap mengikuti format yang telah dipilih. Jika Anda memilih pemformatan yang pertama, Anda bisa memasukkan pengalaman kerja yang terbaru diikuti dengan pengalaman kerja yang sebelumnya.

Hal berikutnya yang harus dimasukkan di dalam resume adalah rangkuman pendidikan. Sampaikan informasi secara lengkap mengikuti template yang ada. Berikutnya jangan lupa untuk menuliskan keterampilan teknik yang relevan dengan lowongan pekerjaan atau dengan Java developer.

Ketika Anda menjelaskan resume Java developer, tanggal kelulusan di dalam kolom pendidikan harus dituliskan secara jelas. Buatlah resume yang ringkas namun mencangkup semua informasi penting. Dengan begitu, perekrut akan lebih mudah melakukan seleksi. Umumnya perekrut dalam perusahaan harus melihat ratusan pelamar sehingga Anda perlu untuk membuat resume yang menarik.

Di zaman yang sudah modern, ada begitu banyak kemudahan yang bisa dinikmati termasuk dalam pembuatan resume Java developer. Anda bisa memilih salah satu template yang paling menarik, Apakah itu template yang direkomendasikan atau yang banyak dipilih oleh para pelamar pekerjaan.

Template tersebut sudah dilengkapi dengan informasi tentang apa saja yang harus dimasukkan. Anda tidak perlu merasa bingung ketika ingin mengisi template karena semuanya sudah tertata dan dilengkapi penjelasan yang benar.

Bukan hanya menyediakan berbagai macam template untuk resume Java developer saja. Disini tersedia banyak pilihan template lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sekarang Anda tidak perlu merasa bingung lagi ketika ingin membuat resume berkualitas. Anda tinggal pilih salah satu template dan ikuti petunjuk yang ada.
 

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami