search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Upacara di Pura Penataran Sasih Pejeng, Doakan Covid-19 Usai
Selasa, 15 Februari 2022, 14:30 WITA Follow
image

beritabali/ist/Upacara di Pura Penataran Sasih Pejeng, Doakan Covid-19 Usai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Di Pura Penataran Sasih Pejeng, Kecamatan Tampaksiring digelar Karya Agung Penerus Panca Walikrama. Puncak upacara jatuh pada purnamaning Kesanga, Selasa (15/2). 

Upacara yang dipuput Yajamana Ida Pedanda Wayahan Bun Geriya Sanur, Pejeng, Ida Pedanda Budha Geriya Tengah Wanasari, serta Ida Pedanda Geriya Sanding Anyar, Pejeng itu diharapkan menetralisir covid-19.

Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng, Cokorda Gede Putra Pemayun, mengatakan serangkaian dengan karya agung ini juga dilangsungkan ritual sasolahan wali.

“Nedunang Sanghyang Jaran, Anten-antenan (puncak karya), hingga nampyog serta siyat sampiyan saat Ida Bhatara manca-manca budal,” ujarnya.

Cokorda Putra Pemayun memohon kepada seluruh umat Hindu untuk bersama-sama mendoakan seluruh rangkaian upacara ini berlangsung lancar. 

“Sekaligus mohon keselamatan jagat agar pandemi covid-19 segera berakhir,” ujarnya.

Untuk prosesi acara sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Juga sudah dilaksanakan prosesi mapepada atau pembersihan secara niskala terhadap hewan yang digunakan upacara. 

Hewan-hewan tersebut di antaranya kerbau anggrek wulan dan yusmerana, kambing hitam, kuluk bang bungkem, babi, kucit butuhan, angsa, bebek putih, ayam serta perlengkapan lainnya. 

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami